Wagub Jateng: Pandemi COVID-19 bukan penghalang silaturahim

id smp 1 mutual kota magelang, wagub jateng,pandemi covid 19,Pandemi COVID 19 bukan penghalang silaturahim

Wagub Jateng:  Pandemi COVID-19 bukan penghalang silaturahim

Tangkapan layar tausiah Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dalam halalbihalal diselenggarakan SMP 1 Mutual Kota Magelang, Sabtu (13/6/2020). (ANTARA/HO-SMP 1 Mutual Kota Magelang)

Magelang (ANTARA) - Pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) tidak menjadi penghalang silaturahim antarberbagai kalangan masyarakat karena bisa dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informatika atau secara virtual, kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

“Dalam kondisi apapun jalinan silaturahmi perlu tetap dijaga dan tidak boleh putus, memperkuat silaturahmi tidak hanya pada saat Idul Fitri, akan tetapi perlu dipelihara secara terus menerus sepanjang masa,” katanya dalam keterangan tertulis di Magelang, Minggu, terkait dengan acara halalbihalal secara virtual Keluarga Besar SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang.

Di tengah kondisi pandemi, kata dia, ada alternatif metode kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagaimana halalbihalal yang diselenggarakan sekolah tersebut pada Sabtu (13/6) yang memanfaatkan digitalisasi zaman melalui tatap muka secara online atau dalam jaringan.

Ia mengemukakan bahwa menjaga silaturahim memberi banyak manfaat setiap orang, antara lain hati menjadi nyaman dan pikiran menjadi positif.

"Yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan, selain itu dengan menjalin silaturahmi juga akan memperlancar rezeki," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 sebagai bentuk cobaan sekaligus ujian dari Allah kepada seluruh umat manusia di muka Bumi.

Dalam setiap cobaan hidup, katanya, manusia perlu menyikapinya dengan selalu meningkatkan ketaqwaan dan kesabaran, serta ikhtiar kesehatan sesuai dengan protokol.

Ia juga mengatakan kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak terhadap persoalan kesehatan dan ekonomi, akan tetapi juga bidang pendidikan.

walaupun saat ini aktivitas belajar mengajar masih terbatas dan dilakukan di rumah, kata dia, semangat belajar anak-anak perlu tetap dijaga.

“Saya mengajak anak-anak untuk tetap belajar dengan baik, meski di rumah, rawatlah spirit kecerdasan dengan tetap belajar secara nyaman sesuai cara kita masing-masing, dalam setiap kesulitan yang dihadapi pasti ada titik kemudahan yang akan diberikan,” katanya.

Selain agenda utama berupa tausiah oleh Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, acara yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, juga diisi dengan sambutan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang Solichin, Kepala SMP 1 Mutual Kota Magelang Wasi’un, dan perwakilan orang tua/wali murid, Dian Nur Pratiwi.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar