ACT dan Pegadaian Purwokerto distribusikan paket sembako gratis

id act purwokerto,pegadaian purwokerto, paket sembako gratis

ACT dan Pegadaian Purwokerto distribusikan paket sembako gratis

Relawan MRI-ACT Cabang Purwokerto saat menyerahkan paket sembako gratis kepada salah seorang warga yang terdampak COVID-19. ANTARA/HO-ACT Purwokerto

Purwokerto (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Purwokerto bersama PT Pegadaian (Persero) Cabang Purwokerto mendistribusikan ratusan paket bahan pokok gratis untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Bahan pokok yang didistribusikan sejumlah 250 paket dan merupakan donasi dari salah satu mitra kami yakni Pegadaian Purwokerto. Sasaran penerima mafaatnya adalah duafa, yatim, dan jompo," kata Kepala Cabang ACT Purwokerto Andi Rahmanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Ia mengakui tatanan normal baru mulai diterapkan di beberapa daerah namun kondisi perekonomian masyarakat yang terdampak COVID-19 masih membutuhkan uluran tangan untuk memulihkan keadaan.

Oleh karena itu, kata dia, ACT Cabang Purwokerto melakukan implementasi terhadap Program Distribusi Paket Sembako Gratis kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen (Barlingmascakeb) dengan melibatkan relawan ACT yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI).

Menurut dia, Program Distribusi Paket Sembako Gratis bertujuan untuk membantu masyarakat agar bisa bangkit dari dampak COVID-19 yang sudah 3 bulan lebih dihadapi bangsa Indonesia.

"Program Distribusi Sembako Gratis masih terus kami lakukan sampai pandemi COVID-19 ini benar-benar berakhir. Sebelumnya, selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri sudah ribuan paket tersalurkan oleh ACT di seluruh kota di Indonesia. Kami dari ACT Cabang Purwokerto mendapat amanah untuk pendistribusian Barlingmascakeb. Tidak hanya itu, kami juga ada program pendukung lainnya, yaitu Sedekah Usaha Mikro Indonesia yang Insya Allah berjalan beriringan bersama mitra-mitra kami," jelasnya.

Baca juga: MRI-ACT luncurkan layanan mengantar pangan gratis di Batang

Sementara itu, Ketua MRI Banyumas Aldi Setya mengatakan pendistribusian paket sembako gratis tersebut dilakukan secara bertahap dengan menggunakan mobil operasional ACT Cabang Purwokerto, sepeda motor relawan, dan gerobak dari warga.

Menurut dia, hal itu dilakukan dengan memerhatikan kondisi medan menuju lokasi pendistribusian karena ada yang melalui gang sempit atau jalan setapak, sehingga segala upaya dilakukan agar amanah tersebut dapat disampaikan dan tepat sasaran.

"Seperti kemarin, ada salah seorang relawan kami yang mendistribusikan paket bahan pokok ini ke Dusun Sawangan, Kelurahan Kedungwaluh, Kecamatan Purwokerto Barat. Oleh karena jalannya sangat sempit, paketnya banyak, dan mobil tidak bisa masuk, sehingga warga merespons dengan sigap untuk meminjamkan gerobak untuk mempermudah distribusi ke dusun itu," katanya. 

Baca juga: ACT Purwokerto salurkan modal usaha Program Sahabat UMI
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar