Penurunan harga sejumlah komoditas dorong deflasi di Solo

id BPS, deflasi Solo

Penurunan harga sejumlah komoditas dorong deflasi di Solo

Salah satu pedagang di Pasar Legi Solo. Bawang putih memberikan sumbangan terhadap deflasi pada bulan Mei 2020. ANTARA/Aris Wasita

Deflasi ini disebabkan penurunan harga-harga yang ditunjukkan oleh turunnya angka indeks harga konsumen...
Solo (ANTARA) -
Penurunan harga sejumlah komoditas pokok mendorong deflasi di Solo, Jawa Tengah,  pada Mei 2020 hingga mencapai angka 0,20 persen.

"Angka deflasi tersebut dengan indeks harga konsumen sebesar 103,52. Deflasi ini disebabkan penurunan harga-harga yang ditunjukkan oleh turunnya angka indeks harga konsumen, salah satunya kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang turun 1,11 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta Totok Tavirijanto di Solo, Selasa.

Jenis komoditas yang mengalami penurunan harga pada kelompok tersebut di antaranya bawang putih, telur ayam ras, cabai rawit, minyak goreng, cabai merah, semangka, cabai hijau, pisang, melon, dan mie kering instan.

"Bawang merah turun harga 0,13 persen, cabai rawit turun harga 0,04 persen, dan telur ayam ras turun 0,10 persen," katanya.

Selain kelompok tersebut, dikatakannya, kelompok perumahan, air, listrik dan bahan bakar rumah tangga juga mengalami penurunan indeks hingga 0,03 persen.

Baca juga: Penurunan harga sejumlah bahan pokok picu deflasi Solo

Meski demikian, dikatakannya, ada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga menghambat terjadinya deflasi yang lebih tinggi. Berdasarkan data, dikatakannya, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya daging ayam ras, bawang merah, dan sayuran.

"Selain itu, tarif angkutan udara juga mengalami kenaikan sehingga memberikan sumbangan terhadap terjadinya inflasi," katanya.

Dengan kondisi tersebut, laju inflasi tahun kalender, yaitu pada periode Januari-Mei 2020 sebesar 0,32 persen, sedangkan laju inflasi "year on year", yaitu Mei 2020 terhadap Mei 2019 sebesar 1,37 persen.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan di Jawa Tengah, kondisi di Kota Solo lebih rendah. BPS mencatat pada bulan yang sama Jawa Tengah mengalami inflasi sebesar 0,07 persen dan nasional yang juga 0,07 persen.

 
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar