BMKG perkirakan Banjarnegara berpotensi hujan lebat pada tanggal 1 dan 2 Juni

id banjarnegara

BMKG perkirakan Banjarnegara berpotensi hujan lebat pada tanggal 1 dan 2 Juni

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie (ANTARA - Wuryanti)

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berpeluang terjadi hujan lebat pada tanggal 1 dan 2 Juni 2020.

"Sejumlah wilayah di Jawa Tengah termasuk Banjarnegara berpeluang hujan lebat pada hingga 2 Juni 2020," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Minggu.

Dia mengatakan berdasarkan pantauan BMKG terdapat daerah sirkulasi siklonik di Pesisir Barat yang secara tidak langsung membentuk daerah konvergensi di perairan Selatan Jawa.

Untuk itu, kata dia, BMKG kembali mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama terutama di wilayah yang rawan bencana longsor.

"Hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang lama dikhawatirkan dapat memicu bencana longsor terutama di wilayah yang selama ini rawan longsor," katanya.

Sementara itu dia juga mengatakan bahwa pada bulan Mei 2020 Banjarnegara telah mulai memasuki awal musim kemarau.

"Sementara itu puncak musim kemarau diprakirakan akan terjadi sekitar bulan Agustus 2020," katanya.

Dia menambahkan bahwa awal musim kemarau di sejumlah wilayah lainnya di Jawa Tengah juga telah berlangsung pada bulan Mei.

"Hal tersebut berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data serta memperhatikan perkembangan kondisi dan dinamika atmosfer regional maupun global," katanya.

Sementara itu dia juga menambahkan di sebagian wilayah di Jawa Tengah, awal musim kemarau tahun 2020 diprakirakan terjadi pada awal bulan Juni.

Sementara itu, kata dia, sifat hujan pada periode musim kemarau 2020 pada umumnya diprakirakan normal.
 

Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar