Praktisi: ATLM miliki peluang kerja yang luas

id seminar daring, universitas muhammadiyah purwokerto

Praktisi: ATLM miliki peluang kerja yang luas

Kampus I Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). ANTARA/HO-UMP

Karier seorang ATLM tidak hanya terbatas sebagai laboran puskesmas atau rumah sakit
Purwokerto (ANTARA) - Seorang Ahli Teknik Laboratorium Medis (ATLM) memiliki peluang kerja yang luas, kata Kepala Laboratorium Prodia Regional V Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Endang Hariyani, S.E., M.M. 

"Karier seorang ATLM tidak hanya terbatas sebagai laboran puskesmas atau rumah sakit, melainkan dapat berkembang menjadi kepala laboratorium, kepala cabang, bahkan hingga marketing," katanya saat menjadi pembicara seminar daring bertemakan "Bincang TLM UMP: Pilihan Tempat Kuliah dan Prospek Kerja" yang diselenggarakan oleh Prodi TLM Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jateng, Kamis (14/5).

Oleh karena itu, kata dia, mahasiswa harus membekali diri dengan kemampuan lain di bidang teknologi informasi agar dapat mengikuti perkembangan zaman dalam industri 4.0.

Baca juga: UMP gelar seminar daring "Penanganan COVID-19 dalam Tinjauan Kesehatan, Ekonomi, dan Psikologi"

Sementara itu, Ketua DPC Patelki Kabupaten Cilacap Sutadi, A.Md.A.K. mengatakan pada masa pandemi COVID-19 seperti saat sekarang, seorang ATLM memiliki peran yang angat vital.

"Penegakan diagnosis COVID-19 oleh dokter tidak akan bisa dilakukan jika tidak ada pemeriksaan laboratorium dengan teknik PCR," katanya.

Akan tetapi hingga saat ini, kata dia, ketersediaan tenaga ATLM masih sangatlah kurang sehingga lapangan kerja untuk lulusan Prodi TLM terbuka lebar.

Selain kedua narasumber tersebut, seminar daring yang digelar melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings itu juga menghadirkan Kaprodi TLM UMP Retno Sulistiyowati, S.Pd., S.Tr.Ak., M.Kes. dan dosen Prodi TLM UMP Arif Mulyanto, S.Si.,M.S. serta empat perwakilan mahasiswa, sedangkan jumlah peserta sekitar 90 orang. (Dan)

Baca juga: UMP gelar tablig akbar secara virtual bareng AA Gym
Baca juga: Magister Pendidikan IPS UMP gelar seminar dan workshop daring
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar