Peneliti Unsoed bakal lakukan audit energi pada UMKM gula

id umkm,Unsoed, UMKM gula kepala

Peneliti Unsoed bakal lakukan audit energi pada UMKM gula

Dokumentasi. Gula Aren yang berasal dari air Nira pohon kelapa sawit yang merupakan produk inovasi Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi Aceh, Minggu (14/7/2019). ANTARA/Istimewa

Purwokerto (ANTARA) - Tim peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan melakukan audit energi pada sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak pada sektor industri gula kelapa.

"Kami berencana melakukan audit energi pada UMKM gula kelapa di wilayah Kabupaten Banyumas," kata ketua tim peneliti Ropiudin di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Peneliti senior laboratorium teknik sistem thermal dan energi terbarukan Unsoed tersebut mengatakan tujuan dari audit tersebut adalah untuk meneliti efisiensi proses produksi di industri gula kelapa.

"Pada masa yang akan datang salah satu kunci daya saing global adalah efisiensi produksi. Audit energi merupakan bagian dari disiplin ilmu manajemen energi dan perencanaan energi," katanya.

Dia menambahkan bahwa peta audit energi ini akan memberikan masukan dan kontribusi positif bagi pengembangan energi terbarukan khususnya untuk pengembangan di wilayah perdesaan.

Dia mengatakan penelitian tersebut akan dimulai pada bulan Mei tahun 2020.

"Kami berencana akan mulai pada Mei 2020 sambil melihat kondisi, mungkin metodenya bisa penelitian langsung atau tidak langsung melalui sistem daring atau online," katanya.

Dia menambahkan pihaknya akan meneliti sekitar 10 hingga 15 UMKM di wilayah Kabupaten Banyumas.

"Ada sekitar 10 hingga 15 UMKM yang mewakili produksi gula kelapa cetak dan gula kelapa kristal, kebetulan hampir semuanya merupakan mitra kami selama ini, nantinya kami akan melakukan beberapa monitoring saat produksi dan kami akan memandu serta menggali informasinya," katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga akan melibatkan sejumlah mahasiswa dalam penelitian tersebut.

 "Kami berharap penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan industri gula kepala di wilayah setempat," katanya.
***1***
 

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar