TPI Kota Pekalongan sumbang PAD Rp423 juta selama Maret 2020

id TPI Pekalongan, sumbang PAD

TPI Kota Pekalongan sumbang PAD Rp423 juta selama Maret 2020

Beberapa kapal nelayan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berlabuh untuk membongkar hasil tangkapan ikan. ANTARA/Kutnadi

Akan tetapi, PAD selama Maret 2020 ini turun 5,5 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp452 juta
Pekalongan (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama 1 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 telah menyumbang pendapatan asli daerah pada pemerintah daerah setempat sebesar Rp423 juta.

"Akan tetapi, PAD selama Maret 2020 ini turun 5,5 persen dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp452 juta," kata Kepala UPTD TPI Kota Pekalongan, Mochtar Sanusi di Batang, Selasa sore.

Menurut dia, turunnya PAD pada Maret 2020 ini karena banyak pedagang dari luar daerah seperti Jakarta dan Bandung yang mengurangi permintaan pengiriman ikan akibat wabah virus corona baru atau COVID-19.

Baca juga: Aktivitas TPI Pekalongan masih normal

Kendati demikian, kata dia, pihaknya tetap optimistis target PAD 2020 dari sektor perikanan sebesar Rp6,1 miliar akan terlampaui.

"Setidaknya, target PAD 2020 mampu mendekati sebesar Rp6,1 miliar. Sebenarnya, puncak lelang ikan terjadi pada pertengahan semester April 2020, namun dengan wabah virus corona, kita masih melihat perkembangan," katanya.

Ia mengatakan aktivitas lelang ikan di TPI selama wabah virus corona baru (COVID-19) masih berlangsung normal.

"Aktivitas lelang ikan selama sepekan terakhir ini masih ramai. Bahkan transaksi lelang ikan mampu mencapai Rp800 juta atau setara 65 ton-70 ton," katanya.

Baca juga: PAD TPI Pekalongan turun 6 persen

Hanya saja, kata dia, harga ikan, terutama yang dibutuhkan oleh pemilik rumah makan atau restoran turun sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram.

"Misalnya, harga ikan dorang semula mencapai Rp55 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp35 ribu/ kilogram, cumi semula Rp50 ribu/ kilogram turun Rp40 ribu/ kilogram, dan kakap Rp55 ribu/ kiligram turun menjadi Rp45 ribu," katanya.

Ia mengatakan untuk membantu pencegahan penyebaran virus corona, TPI melakukan beberapa kegiatan antara lain memasang spanduk berisi imbauan pencegahan virus corona dan pola hidup sehat, menyediakan sebanyak 8 tempat cuci tangan, hand sanitazer, masker pada karyawan TPI, serta penyemprotan disinfektan di sekitar lokasi.

"Selain itu, kami juga terus mengingatkan pada peserta lelang ikan di TPi agar selalu melakukan cuci tangan dengan sabun dan pola hidup sehat," katanya.

Baca juga: TPI Rembang bakal ditingkatkan jadi pelabuhan perikanan pantai
Baca juga: Ombak besar, aktivitas lelang ikan TPI Pekalongan masih normal
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar