265 pengawas pilkada tingkat desa di Wonosobo siap sukseskan pilkada

id pengawas pilkada desa, wonosobo

265 pengawas pilkada tingkat desa di Wonosobo siap sukseskan pilkada

Ketua Bawaslu Wonosobo Sumali Ibnu Chamid supervisi Pelantikan pengawas pilkada tingkat desa dan kelurahan di Kecamatan Kalikajar. ANTARA/HO - Bawaslu Kabupaten Wonosobo

Wonosobo (ANTARA) - Sebanyak 265 pengawas pilkada tingkat desa dan kelurahan di Kabupaten Wonosobo telah dilantik dan mereka siap kerja untuk menyukseskan Pilkada Wonosobo 2020.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Gugus Risdaryanto di Wonosobo, Jumat, menyampaikan dalam dua hari ini secara serentak di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar pilkada serentak melantik pengawas desa/kelurahan.

"Kami berharap pengawas desa dan kelurahan yang sudah dilantik langsung bekerja," ucapnya berharap.

Baca juga: Bawaslu Kudus ajak pegiat seni jadi pengawas pemilu partisipatif

Gugus berharap setelah melalui proses seleksi di tiap kecamatan, pengawas pilkada tingkat desa/kelurahan yang terpilih mampu menjaga integritas dan profesionalitas untuk memastikan pilkada di wilayahnya berjalan luber dan jurdil.

"Pengawas desa ini merupakan ujung tombak dari pengawasan karena langsung berhadapan dengan masyarakat. Maka harus menjaga integritas dan profesionalitas," tuturnya.

Ketua Bawaslu Wonosobo Sumali Ibnu Chamid menyampaikan sebanyak 265 pengawas pilkada tingkat desa dan kelurahan selain mengawasi tahapan pilkada, juga melakukan pencegahan potensi pelanggaran pilkada.

"Kami minta pengawas pilkada tingkat desa dan kelurahan langsung kerja, melakukan pemetaan pengawasan dan pencegahan," ujarnya.

Pencegahan yang dilakukan, katanya, pengawas desa/kelurahan ditargetkan dalam bulan ini menemui forum-forum warga, ajak terlibat awasi pilkada, tolak politik uang, berantas berita hoaks dan melawan eksploitasi SARA dalam pilkada.

Menurut dia sasaran minimal bulan ini, tiap pengawas pilkada tingkat desa/kelurahan menjangkau 20 orang sehingga total sebulan ini bisa jangkau minimal 5.300 orang. Sasaran kegiatan tokoh masyarakat, pedagang, petani, perempuan, dan generasi milenial.

"Sasaran tercatat namanya dan alamatnya. Kemudian terdokumentasikan audio visual dipublikasikan lewat berbagai platform media sosial untuk menggerakkan publik terlibat awasi pilkada," katanya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Wonosobo, Nasir Salasa mengatakan sebanyak 265 panitia pengawas desa/kelurahan secara serentak hari ini dilantik di 15 kecamatan di Kabupaten Wonosobo.

Ia menyampaikan setelah pelantikan langsung diberikan pembekalan materi Nilai Dasar Pengawas Pemilu, tahapan Pengawasan Pilkada hingga mekanisme penanganan pelanggaran Pilkada.

"Kami berharap lewat pembekalan awal ini akan mampu mendorong kinerja pengawas desa/kelurahan yang berkualitas, mendorong pilkada bermartabat," ucapnya berharap.

Baca juga: Kendal dan Purworejo masuk indeks kerawanan pilkada tinggi
Baca juga: Bawaslu Kudus gandeng perguruan tinggi dalam pengawasan pilkada
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar