Tol Pejagan-Cilacap bakal ada percabangan menuju Purwokerto hingga Bandara Soedirman

id tol pejagan cilacap,dprd kabupaten banyumas,kemacetan ajibarang bumiayu

Tol Pejagan-Cilacap bakal ada percabangan menuju Purwokerto hingga Bandara Soedirman

Iliustrasi - Arus kendaraan di perbatasan Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Brebes, Tengah, pada masa mudik Lebaran 2019. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Kalangan DPRD Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyambut baik rencana pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap yang akan dilengkapi dengan percabangan menuju Purwokerto hingga Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga.

"Kita menyambut baik (rencana) jalan tol yang menghubungkan antara Slawi sampai dengan Cilacap (Tol Pejagan-Cilacap), karena itu akses yang akan menambah kemajuan Kabupaten Banyumas," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas Supangkat di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Ia mengatakan selama ini, Kabupaten Banyumas dibantu oleh transportasi kereta api sehingga banyak tujuan ke Purwokerto.

Baca juga: Tol Semarang-Demak jangan sampai perparah abrasi pesisir

Bahkan, kata dia, jumlah uang beredar di Kabupaten Banyumas sempat menembus peringkat kedua di Jawa Tengah setelah Kota Semarang.

"Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Banyumas itu begitu meningkat yang luar biasa. Alhamdulillah dengan peningkatan itu, belanja kita sudah sampai Rp3,7 triliun, sudah cukup tinggi untuk kabupaten/kota," kata legislator dari Fraksi Golkar itu.

Menurut dia, salah satu kemajuan Purwokerto yang merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas itu disebabkan oleh ketersediaan sarana transportasi.

"Apalagi dengan adanya jalan tol, sehingga akses ke Purwokerto semakin mudah. Dengan semakin mudah ini, maka kehidupan perekonomian memang akan meningkat," tegasnya.

Oleh karena itu, kata dia, tata ruang di Kabupaten Banyumas khususnya Purwokerto harus benar-benar ditata sedemikian rupa supaya ke depan tidak sampai tergilas karena selama ini, kabupaten/kota yang dilewati jalan tol menjadi sepi.

Ia mengatakan sebagai kota perdagangan dan jasa, Purwokerto diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan jalan tol tersebut sehingga bisa makin maju.

"Dengan adanya jalan tol, waktu tempuh Jakarta-Purwokerto makin cepat. Apalagi jika Bandara Soedirman di Purbalingga sudah beroperasi, aksesnya akan makin mudah, perekonomian akan terbantu termasuk pariwisata," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dari Fraksi Gerindra Budiono juga menyambut baik rencana pembangunan Tol Pejagan-Cilacap yang akan dilengkapi dengan percabangan menuju Purwokerto hingga Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga.

Menurut dia, kehadiran jalan tol tersebut akan mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalan penghubung jalur selatan Jateng menuju jalur pantai utara khususnya ruas Ajibarang-Bumiayu.

"Jalur Ajibarang-Bumiayu kayaknya sudah tidak mampu menampung volume kendaraan yang begitu tinggi terutama pada masa mudik Lebaran atau musim liburan, sehingga jalan tol memang dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan," katanya.

Selain itu, kata dia, kehadiran jalan tol tersebut juga akan semakin meningkatkan perekonomian Kabupaten Banyumas khususnya Purwokerto yang selama ini dikenal sebagai kota perdagangan serta jasa termasuk di dalamnya pendidikan dan pariwisata.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Banyumas Subagyo mengharapkan wilayah Banyumas khususnya Purwokerto tidak hanya sebagai kota lintasan sehingga kehadiran Tol Pejagan-Cilacap harus dimanfaatkan dengan baik.

Menurut dia, keberadaan jalan tol dapat diibaratkan seperti dua sisi mata uang karena jika dikelola atau dimanfaatkan dengan baik, akan bisa menjadi peluang dan sebaliknya bisa menjadi ancaman kalau tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Peluang itu menjadi daerah tujuan karena di sini banyak perguruan tinggi dan mengembangkan sektor pariwisata yang beragam. Namun jika tidak bisa dimanfaatkan dengan baik maka hanya akan menjadi kota lintasan saja," tegas dia yang berasal dari Fraksi PDIP.

Oleh karena itu, kata dia, saat sekarang merupakan momentum yang tepat untuk menyiapkan dan menawarkan seluruh potensi yang dimiliki Kabupaten Banyumas dengan matang sehingga akan semakin menarik minat investor berinvestasi maupun minat wisatawan untuk berkunjung. 

Baca juga: Pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II mulai dikerjakan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar