Polres Batang segera berlakukan tes psikologi bagi pemohon SIM

id Polres Batang, tes psikologi

Polres Batang segera berlakukan tes psikologi bagi pemohon SIM

Kepala satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Doddy Triantoro saat meninjau pemohon SIM di lokasi Drive Thru. ANTARA/Kutnadi

Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, siap memberlakukan bagi masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan surat izin mengemudi baru maupun perpanjangan harus mengikuti dan lulus tes psikologi.

Kepala satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Doddy Triantoro di Batang, Rabu, mengatakan bahwa persyaratan mengikuti ujian psikologi bagi pemohon SIM ini berlaku mulai 24 Februari 2020 dan berlaku di seluruh polres di wilayah hukum Polda Jateng.

"Rencananya, kami akan memberlakukan persyaratan ujian psikologi bagi pemohon SIM mulai 24 Februari 2020. Bagi pemohon SIM yang tidak lulus tes psikologi diberikan kesempatan mengulang lagi," tuturnya.

Baca juga: Polresta Surakarta terapkan program FIFO permohonan SIM

Menurut dia, peraturan tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Peraturan Kapolri Nomol 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Kemudian, ST Kapolri Nomor ST/19663/X/2019 tentang Kelengkapan Persyaratan Kesehatan Rohani Psiko untuk Pengurus SIM, dan ST Kapolda Jateng No ST/213/I/YAN.1.1/2020 tentang Pemberlakuan Tes Psikologi bagi Seluruh Golongan SIM.

"Pengemudi harus mengikuti tes psikologi karena untuk mengetahui kejiwaan atau tingkat emosi mereka. Kita harus mengetahui tingkat emosi pemohon SIM karena mereka berhubungan dengan banyak orang di jalan raya," ujarnya.

Ia menyebutkan tes psikologi tersebut antara lain meliputi kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, dan stabilitas emosi.

"Jadi, pemohon SIM harus memenuhi sejumlah kriteria dan kompetensi. Selain berkompeten mengemudikan kendaraan, memahami berbagai aturan dan rambu-rambu lalu lintas, pengemudi juga harus berkompeten dari segi psikis," katanya.

Ia menambahkan pelaksanaan tes psikologi ini akan melibatkan lembaga profesional psikologi atau tim psikolog profesional yang ditunjuk Polda Jateng.

Baca juga: Pemohon SIM di Solo harus lolos tes psikologi
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar