Batang targetkan PAD sektor perikanan Rp5,2 miliar

id Pemkab Batang, PAD perikanan

Batang targetkan PAD sektor perikanan Rp5,2 miliar

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang Sugiatmo berfoto bersama dengan para pengurus DPC HNSI Kabupaten Batang usai mengikuti kegiatan pembinaan dan workhsop penguatan kelembagaan organisasi HNSI, Rabu (12/2/2020) ANTARA/Kutnadi

Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menargetkan pendapatan asli daerah sektor perikanan pada 2020 sebesar Rp5,2 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya Rp5 miliar.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang Sugiatmo di Batang, rabu, mengatakan meski pencapaian PAD 2019 hanya mencapai Rp3,5 miliar, pihaknya optimistis masih mampu memenuhi target PAD 2020 sebesar Rp5,2 miliar.

"Pencapaian target PAD 2019 memang kita sedang dihadapkan beberapa masalah sehingga hanya mampu mencapai Rp3,5 miliar, akan tetapi, kami optimistis target PAD 2020 sebesar Rp5,2 miliar akan terlampaui," katanya.

Menurut dia, dengan selesainya pembangunan Jembatan Seturi dan adanya rencana pembangunan kolam tambat labuh di pelabuhan Klidang Lor Batang diperkirakan akan menambah daya tarik para nelayan, khususnya nelayan pendatang untuk melelangkan hasil tangkapan ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) setempat.

Selama ini, kata dia, masih banyak nelayan daerah setempat masih melelangkan hasil tangkapan ikan ke luar daerah sehingga hal itu mempengaruhi perolehan PAD.

"Oleh karena, dengan adanya penambahan sarana seperti kolam tambat labuh kapal di pelabuhan Klidang Lor akan membawa dampak positif bagi para nelayan luar daerah untuk melelangkan hasil tangkapan ikan di TPI ini," katanya.

Pemkab berharap ada dukungan dari Himpunan Nelayan seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang maupun elemen lainnya agar sektor perikanan di daerah semakin ramai dan dminati para nelayan luar daerah melelangkan hasil tangkapan ikannya.

Ia menambahkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Batang siap memenuhi target PAD 2020 yang telah ditetapkan pemkab sebesar Rp5,2 miliar dengan berbagai cara agar bisa terlampaui.

Baca juga: TPI Rembang bakal ditingkatkan jadi pelabuhan perikanan pantai

Baca juga: Ombak besar, aktivitas lelang ikan TPI Pekalongan masih normal

 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar