Unsoed - JICA akan lakukan kerja sama riset kebencanaan

id bencana,mitigasi bencana longsor

Unsoed - JICA akan lakukan kerja sama riset kebencanaan

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Dr. Indra Permanajati ANTARA/Wuryanti Puspitasari

JICA yang merupakan organisasi yang mewadahi kerja sama antara Indonesia dan Jepang sudah sangat berpengalaman dalam penanganan bencana di Indonesia

Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman akan bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk melakukan riset terkait dengan mitigasi bencana tanah longsor.

"Kerja sama yang direncanakan oleh Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Unsoed, dengan JICA adalah meliputi riset bersama terkait mitigasi longsor di sekitar wilayah Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen," kata dosen Mitigasi Bencana Geologi Unsoed Dr. Indra Permanajati di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Dia mengatakan riset tentang pengurangan risiko atau mitigasi bencana tanah longsor di wilayah-wilayah tersebut sangat diperlukan.

Baca juga: Pusat Mitigasi Unsoed berupaya kembangkan kawasan lindung longsor

"Pasalnya beberapa wilayah di kabupaten-kabupaten tersebut dinilai cukup banyak terdapat kejadian bencana tanah longsor atau rawan terjadi bencana tanah longsor," katanya.

Dia menambahkan riset bersama sangat diperlukan untuk memperkuat kajian kebencanaan, terutama bencana tanah longsor di beberapa wilayah tersebut.

"JICA yang merupakan organisasi yang mewadahi kerja sama antara Indonesia dan Jepang sudah sangat berpengalaman dalam penanganan bencana di Indonesia. Dengan demikian kerja sama ini sangat penting dalam rangka mewujudkan konsep dan teknologi kebencanaan yang bisa diterapkan di wilayah-wilayah itu," katanya.

Baca juga: Pentingnya pengelolaan DAS untuk cegah banjir

Dia juga menambahkan, kegiatan tersebut pada masa mendatang diharapkan dapat membantu pemkab, khususnya BPBD setempat, dalam penanganan bencana berbasis riset dan teknologi.

Dia menambahkan, Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Unsoed, dan JICA juga sebelumnya telah menyelenggarakan seminar terkait dengan masalah kebencanaan.

"Seminar tersebut bertujuan untuk berbagi pengetahuan terkait kajian bencana longsor di Indonesia, dan yang hadir sebagai pembicara adalah Prof. Takeshi Ito yang merupakan pakar longsor dari Jepang," katanya.

Sementara itu, dia berharap kerja sama antara Fakultas Teknik Unsoed dan JICA akan segera terlaksana dalam waktu dekat ini.

Baca juga: Ini peta risiko bencana tingkat kecamatan yang dikembangkan Unsoed
Baca juga: Akademisi: Pohon berakar kuat bisa cegah tanah longsor

Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar