Hetero Space perkuat pentingnya kolaborasi garap starup

id hetero space, semarang, umkm,jateng

Hetero Space perkuat pentingnya kolaborasi garap starup

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati (kiri) pada peresmian Hetero Space yang terletak di Jl Setiabudi 192 Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 31 Januari 2020. ANTARA/Nur Istibsaroh

Semarang (ANTARA) - Hetero Space, tempat kerja bersama atau co-working space untuk para industri kreatif serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) semakin memperkuat pentingnya melakukan kolaborasi dalam menggarap starup.

Bagi Handoko Hendroyono, Founder Kebun Idea & Mbloc Space kolaborasi merupakan salah satu kunci untuk memajukan brand lokal dan tidak terjebak dalam kompetisi yang tidak perlu.

Hal tersebut disampaikan Handoko di sela peresmian Hetero Space yang terletak di Jl Setiabudi 192 Kelurahan Srondol Wetan, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Handoko menilai Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai bangsa yang produktif dan harus terus didorong secara bersama-sama melalui ekosistem.

"Kolaborasi merupakan protet kebersamaan terhadap apa yang dikerjakan. Jangan sendiri. Kalau mau besar kuncinya harus kolaborasi," kata Handoko.

Pentingnya kolaborasi juga disampaikan Presiden Coworking Indonesia Faye Alund yang mengibaratkan kolarasi sebagai upaya untuk menciptakan gelombang besar untuk menggerakan perahu industri kreatif.

"Kunci kolaborasi adalah adanya purpose atau tujuan yang sama serta passion yang sama," kata Faye yang menilai dengan passion menjadikan seseorang akan lebih kuat dan bertahan menghadapi kendala menjalankan bisnisnya.

Faye menilai hal pertama yang harus dilakukan adalah mau memulai untuk kemudian berkolaborasi mengembangkan bisnis yang dijalaninya. 

Kesempatan terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati menjelaskan bahwa Hetero Space merupakan terobosan Pemprov Jateng bekerja sama dengan Impala Space untuk mendorong para pelaku starup (usaha rintisan), industri kreatif, dan UMKM "naik kelas".

"UKM dan start up (usaha rintisan) kita dorong agar masuk ke dalam atmosfer digital. Baik itu keuangannya, literasi hingga perizinan, agar 'naik kelas'," kata Ema.

Hetero Space dapat disewa oleh siapa saja yang ingin memanfaatkan ruang kerja kolaboratif lengkap dengan koneksi internet, meeting room, ruang pelatihan, dan ruang santai, serta dimanjakan dengan sistem kolaboratif. (Kom)

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar