Amankan perayaan Imlek, Polresta Banyumas siapkan personel di 3 kelenteng

id polresta banyumas,pengamanan imlek

Amankan perayaan Imlek, Polresta Banyumas siapkan personel di 3 kelenteng

Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Whisnu Caraka. ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2020.

"Kami siapkan personel untuk pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek. Kalau sekarang didatakan dahulu, semua didatakan, (personel) intelijen sudah kami turunkan untuk memonitor situasi masyarakat sekitar, mudah-mudahan kondusif," kata Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Whisnu Caraka di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Ia menyebutkan ada tiga kelenteng, yakni Kelenteng Hok Tek Bio Purwokerto, Kelenteng Hok Tek Bio Sokaraja, dan Kelenteng Boen Tek Bio Banyumas.

Baca juga: Ratusan personel siap amankan perayaan Tahun Baru Imlek di Solo

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan personel untuk mengamankan kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek di tiga kelenteng tersebut.

"Kelenteng paling besar memang di Banyumas. Akan tetapi, kami prioritaskan tiga-tiganya karena tiga tempat saja. Kalau kemarin (saat perayaan Natal 2019) ada delapan gereja prioritas, sekarang diprioritaskan ketiga-tiganya karena memang hanya ada tiga tempat," katanya menegaskan.

Kapolresta mengakui kekuatan personel untuk mengamankan perayaan Imlek tidak sebanyak pada pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 Masehi.

Menurut dia, hal itu disebabkan jumlah masyarakat yang merayakan Natal 2019 cukup besar ditambah dengan adanya perayaan Tahun Baru 2020 Masehi sehingga intensitasnya lebih besar dari Imlek.

"Makanya, saat perayaan Tahun Baru 2020, digunakan dua pertiga kekuatan, sedangkan untuk Natal digunakan sekitar 300 personel," katanya.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan bahwa pihaknya dalam menempatkan personel pengamanan perayaan Imlek 2571 akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta jumlah jemaatnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait dengan pengamanan di wilayah hukum Polresta Banyumas.

"Kami akan melibatkan mereka juga. Unsur TNI dan pemerintah daerah juga tidak akan lepas, itu harus sama-sama," katanya.

Untuk perayaan Cap Go Meh pada hari ke-15 atau hari terakhir dari masa perayaaan Imlek, Kapolresta mengerahkan personel dari Satuan Intelijen dan Keamanan untuk memantau kegiatan tersebut.

Baca juga: Hendi: Tidak ada minoritas dan mayoritas di Semarang
Baca juga: Pasar Imlek diharapkan dongkrak perekonomian masyarakat
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar