Banyumas siap ciptakan tenaga kerja terampil dan terlatih

id tenaga kerja terampil,balai latihan kerja,dinakerkop ukm banyumas

Banyumas siap ciptakan tenaga kerja terampil dan terlatih

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banyumas Joko Wiyono. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Purwokerto (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Banyumas siap menciptakan tenaga kerja terampil dan terlatih guna memenuhi kebutuhan pasar kerja, kata Kepala Dinakerkop dan UKM Kabupaten Banyumas Joko Wiyono.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja, hal itu juga untuk mendorong terwujudnya berbagi usaha mandiri," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Terkait dengan hal itu, ia mengatakan Dinakerkop dan UKM Kabupaten Banyumas membuka kesempatan bagi generasi muda untuk mengikuti berbagai pelatihan atau kursus secara gratis di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja yang berlokasi di Jalan Raya Baturraden KM 5,3, Kelurahan Pabuwaran, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas.

Baca juga: Sertifikasi tanah di Banyumas ditarget tuntas tahun 2022

Dalam hal ini, pihaknya selama bulan Februari-April 2020 menyelenggarakan tujuh macam pelatihan keterampilan secara gratis yang meliputi pembuatan roti dan kue, pelatihan teknisi sepeda motor, pelatihan las, tata kecantikan kulit, tata rias pengantin dan hantaran, teknisi telepon seluler, serta pelatihan manajemen dasar.

"Pelatihan tersebut terbuka bagi masyarakat yang berminat serta benar-benar serius mau mengikuti pelatihan," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta pelatihan.

Menurut dia, persyaratan tersebut meliputi sehat jasmani dan rohani, berusia 17-35 tahun, menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk, fotokopi ijazah terakhir (bagi yang punya), pasfoto terbaru, serta tidak sedang kuliah ataupun bekerja.

"Bagi yang berminat, silakan datang untuk mendaftarkan di UPTD Balai Latihan Kerja pada hari dan jam kerja," katanya. 
Baca juga: Kasus pembantaian satu keluarga mulai disidangkan di PN Banyumas
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar