Masyarakat Jepara diminta waspadai tiga penyakit musim hujan

id masyarakat jepara diminta, waspadai tiga penyakit, di musim hujan

Masyarakat Jepara diminta waspadai tiga penyakit musim hujan

Kepala Dinkes Kabupaten Jepara Mudrikatun saat mengunjungi Puskesmas Donorojo. (Foto : Dok.)

Jepara (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diminta mewaspadai serangan penyakit yang sering kali muncul di musim penghujan, seperti demam berdarah dengue (DBD), diare dan gatal-gatal, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara Mudrikatun.

"Untuk mengantisipasi serangan tiga penyakit tersebut, jajaran Dinkes Jepara diterjunkan ke lapangan untuk mengajak masyarakat membiasakan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya di Jepara, Senin.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga diajak untuk melaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara menguras bak mandi, menutup wadah penampungan air bersih, dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan.

Baca juga: Pancaroba, ayo rutin cuci tangan untuk cegah berbagai penyakit

Masyarakat juga diminta untuk menaburkan bubuk abate di tempat-tempat penampungan air bersih, memasang kelambu dan kasa nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, serta memakai lotion antinyamuk.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak menyepelekan penyakit diare karena penyakit ini bisa menjadi luar biasa ketika penanganannya terlambat.

Misalnya, lanjut dia, ketika sampai terjadi dehidrasi berat tentunya harus segera mendapatkan penanganan tim medis.

Untuk itu, masyarakat diminta waspada dan menjaga kebersihan sanitasi, diri sendiri, serta lingkungan sekitar.

"Proses terjadinya penyakit disebabkan adanya interaksi antara agen atau faktor penyebab penyakit, manusia sebagai pejamu atau 'host', dan faktor lingkungan atau 'environment' yang mendukung. Bisa dari manusianya, lingkungannya, kemudian bisa dari penyebab penyakit itu sendiri, seperti bakteri dan kuman," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, Dinkes Kabupaten Jepara terus menggalakkan sosialisasi dan pemberian informasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan dan kebersihan diri sendiri, serta lingkungan dalam rangka mencegah timbulnya berbagai penyakit. ***3***
Pewarta :
Editor: Immanuel Citra Senjaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar