Banjarnegara diprakirakan hujan lebat, warga diimbau waspada rayakan pergantian tahun

id logo bpbd

Banjarnegara diprakirakan hujan lebat, warga diimbau waspada rayakan pergantian tahun

Ilustrasi Logo Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indonesia. (Antara/HO)

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah mengimbau warga di wilayah setempat untuk mewaspadai kondisi hujan pada malam pergantian tahun baru.

"Bagi warga yang akan memperingati atau merayakan malam pergantian tahun diimbau untuk selalu waspada karena berdasarkan prediksi cuaca akan turun hujan," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, di Banjarnegara, Selasa.

Dia menjelaskan, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seluruh wilayah di Kabupaten Banjarnegara akan hujan pada malam pergantian tahun dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca juga: BMKG: Jateng selatan berpeluang hujan pada malam pergantian tahun

Selain itu, kecepatan angin diperkirakan 10 - 25 kilometer per jam.

"Untuk itu kami mengimbau warga yang akan beraktivitas di luar ruangan guna merayakan malam pergantian tahun untuk selalu waspada," katanya.

Dia juga menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan personel guna mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya kejadian bencana pada malam pergantian tahun.

Dia menambahkan, masyarakat juga bisa memberikan laporan mengenai adanya informasi bencana melalui sambungan telepon ke nomor 082330259595.

"Mari bersama-sama menyukseskan upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan," katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie mengingatkan bahwa Kabupaten Banjarnegara akan memasuki puncak musim hujan pada bulan Januari hingga Februari 2020.

"Puncak musim hujan berlangsung pada Januari hingga Februari tahun 2020 sehingga masyarakat masih harus terus meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan, sejak akhir September 2019 sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara sudah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Baca juga: Banyumas berpotensi hujan lebat pada malam pergantian tahun

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar