Jateng jadi provinsi pendorong KUR terbaik

id ganjar pranowo

Jateng jadi provinsi pendorong KUR terbaik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memimpin rakor Forkopimda se-Jateng terkait persiapan Natal dan tahun baru. (Foto:Dokumentasi Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) - Jawa Tengah dinyatakan sebagai provinsi pendorong kredit usaha rakyat terbaik sehingga menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Pendukung KUR Terbaik 2019 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Penghargaan tersebut menjadi motivasi agar lebih baik dan lebih peduli kepada usaha kecil menengah. Ya kita mudah-mudahan lebih baik lagi, lebih peduli pada yang kecil," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat.

Ganjar menjelaskan bahwa KUR banyak manfaatnya, tapi sering tidak sampai atau tidak tepat sasaran, maka sejak awal menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dirinya terus mendorong Program KUR untuk mengembangkan UKM di Jateng.

Baca juga: Pastikan Natal-Tahun Baru aman, Ganjar kumpulkan forkopimda se-Jateng

"Kami terus dorong karena (KUR) ini yang ditunggu rakyat. Di Jateng ada Kredit Mitra Jateng (KMJ) dari Bank Jateng yang dialokasikan untuk KUR, nilainya sekitar Rp350 miliar atau Rp10 miliar per kabupaten/kota," ujarnya.

Menurut Ganjar, ada tiga hal yang dilakukan Pemprov Jateng untuk mengembangkan UKM yakni memberikan pelatihan, memberikan akses modal, dan memberikan pendampingan.

Semua itu, kata dia, dilakukan agar ada peningkatan usaha penerima KUR.

"Pengusaha kecil biasanya yang penting mereka bikin (produk), 'skill and knowledge' tidak punya, maka kami berikan pelatihan misalnya soal 'packaging', kemudian akses modal yang sulit kita permudah. Setelah itu tidak kami lepas begitu saja, maka kami beri pendampingan.

Intinya agar UKM ini naik kelas," kata Ganjar.
Hasil penilaian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menempatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai Pemda Pendukung KUR Terbaik Pertama bersama Provinsi Kepulauan Riau dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada terbaik kedua dan ketiga.

Sementara pemerintah kabupaten/kota di Pulau Jawa sebagai pendukung KUR terbaik 2019 secara berurutan adalah Pemerintah Kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kulon Progo.

Untuk pemerintah kabupaten/kota luar Pulau Jawa sebagai pendukung Program KUR Terbaik 2019 adalah Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Sidenreng Rappang.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar