Liga 1, Persipura tundukkan Barito Putra 1-0

id Ibrahim Conteh,Persipura,Barito Putra,Liga 1

Liga 1, Persipura tundukkan Barito Putra 1-0

Kapten Barito Putera Bayu Pradana (kiri) saat berusaha menghadang pemain yang mencetak satu-satunya gol Persipura, Ibrahim Conteh (kanan) pada pertandingan lanjutan Liga 1 pekan ke-33 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (16/12/2019) sore. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Jakarta (ANTARA) - Gol tunggal Ibrahim Conteh mengantarkan Persipura Jayapura di posisi runner up klasemen sementara Liga 1 usai menundukkan Barito Putera dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin sore.

Pada laga pekan ke-33 musim kompetisi 2019 tersebut, gol Ibrahim Conteh dicetak menit ke-64.

Di 15 menit pertama, Barito Putera tampil lebih impresif dan memiliki peluang melalui empat tendangan penjuru, namun masih digagalkan barisan pertahanan Persipura.

Baca juga: Persipura imbang 0-0 lawan Barito Putera di babak pertama

Peluang Barito Putera melalui sundulan kepala Rafael Da Silva masih digagalkan kiper Dede Sulaiman, begitu juga tandukan Gavin Kwan yang masih membentur mistar gawang pada menit ke-14 usai menerima umpan cantik Paulo Sitanggang.

Tuan rumah memperoleh peluang saat Ian Louis Kabes yang mengirimkan bola ke gawang melalui tendangan bebas menit ke-32, tapi bola dapat dihalau pemain belakang Barito Putera, termasuk umpan silang mendatar Oh Inkyun yang masih gagal dimanfaatkan Persipura.

Striker lokal Barito Putera Samsul Arif nyaris mencatatkan namanya di papan skor, tapi tendangan kerasnya dari sisi kanan di dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang lawan.

Pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman di pertengahan babak pertama melakukan rotasi dengan memasukkan Kosuke Uchida dan menarik keluar ST Dou.

Baca juga: Kalteng Putra degradasi setelah imbang lawan Persipura

Masuknya pemain asing asal Jepang tersebut diharapkan menambah daya gedor tim tamu, namun hingga 45 menit babak pertama kedudukan masih imbang 0-0.

Permainan kedua tim memang secara umum kurang berkembang dan terlihat lebih memilih berhati-hati saat melakukan serangan karena hujan deras yang mengguyur di kawasan stadion sejak sebelum pertandingan.

Babak kedua berjalan, Pelatih Persipura Jacksen F Tiago memasukkan gelandang lincah Todd Rivaldo Ferre dan menggantikan Gunansar Mandowen.

Tim mutiara hitam, julukan Persipura, yang tidak ingin malu di kandang berusaha menciptakan beberapa peluang, tapi masih belum berhasil menembus pertahanan Barito Putera.

Baca juga: Persela Lamongan bermain tanpa gol lawan Barito Putra

Persipura akhirnya memecah kebuntuan melalui Ibrahim Conteh pada menit ke-64 setelah memanfaatkan bola rebound Todd Ferre yang terkena tiang gawang.

Jacksen F Tiago merasa tak puas dengan keunggulan 1-0 dan memasukkan striker yang pernah memperkuat timnas U-23, Marinus Wanewar dan menarik keluar gelandang Oh Inkyun.

Barito Putera juga melakukan rotasi dengan menarik keluar Yacob Sayuri dan memainkan Nazarul Fahmi yang diharapkan membantu serangan dan menyamakan kedudukan.

Di sisa menit pertandingan tak ada lagi gol tercipta hingga wasit Wawan Rapiko asal Riau meniupkan peluit panjang skor 1-0 untuk Persipura tetap bertahan.

Kemenangan tersebut membuat Persipura berada di posisi kedua dengan koleksi 52 poin, sedangkan Barito Putera bertahan di posisi 14 dengan raihan 40 poin.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar