Akan ada 2 puskesos percontohan tiap kabupaten/kota

id puskesos percontohan,pusat kesejahteraan sosial,pelayanan desa

Akan ada 2 puskesos percontohan tiap kabupaten/kota

Menteri Sosial Juliari Batubara usai berbicara dalam Rapat Kerja Nasiona II PAPDESI 2019 di Solo, Kamis (12/12/2019), mengatakan pemerintah akan membentuk dua pukesos percontohan di setiap kabupaten/kota.(ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan bahwa pemerintah akan membentuk dua pusat kesejahteraan sosial (puskesos) di setiap kabupaten/kota sebagai percontohan tempat pelayanan masyarakat desa.

"Puskesos didirikan sebagai tempat layanan untuk permasalahan desa, dan pelayanan-pelayanan minimum dari desa terhadap permasalahan sosial," katanya usai membuka Rapat Kerja Nasional II Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) 2019 di Hotel Kusumo Kartika Sari, Solo, Kamis.

Ia menjelaskan, puskesos merupakan fasilitas pelayanan satu pintu bagi masyarakat desa, termasuk pelayanan pengaduan bagi warga. Fasilitas tersebut disiapkan di desa yang tergolong maju mengingat desa yang tertinggal butuh lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar warga.

Penyediaan puskesos, ia melanjutkan, diharapkan mendekatkan akses pelayanan sosial bagi warga yang menghadapi masalah seperti gangguan kesehatan mental, penelantaran, dan kekerasan.

Puskesos, ia mengatakan, dibangun berdasarkan usul dan permintaan dari desa. Pemerintah akan mengecek usul yang disampaikan pemerintah desa dan mewujudkannya mulai tahun 2020 jika usul yang diajukan dinilai layak ditindaklanjuti.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PAPDESI Wargiyati mengatakan bahwa puskesos akan mempermudah kinerja aparatur desa dalam mewujudkan kesejahteraan warga.

Baca juga: Raditya: Perangi hoaks dengan iklan layanan masyarakat

Lewat puskesos, ia mengatakan, aparat pemerintah desa bisa mengetahui aspirasi, keluhan, dan masalah warga serta menindaklanjutinya.

"Puskesos ini nanti ada percontohan, di setiap kabupaten ada dua puskesos yang dibiayai dari APBN," katanya.

Baca juga: Jawa Tengah, provinsi terbaik dalam merespons pengaduan
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar