Calon kepala desa di Pati tidak boleh mengundurkan diri

id calon kepala desa, di pati, diminta komitmennya, agar tidak mundur

Calon kepala desa di Pati tidak boleh mengundurkan diri

Pembekalan calon kepala desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (ANTARA/HO/Dok.)

Pati (ANTARA) - Calon kepala desa di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 diminta komitmen tidak mengundurkan diri dan tetap mengikuti proses itu hingga diketahui hasil pemilihan, kata Kepala Dinas Pemdes Pati Sudiyono.

"Meskipun sudah ditetapkan sebagai calon kepala desa, ketika ada yang mengundurkan diri memang tidak ada sanksi," ujarnya di Pati, Selasa.

Pasalnya, kata dia, di dalam aturannya memang tidak mengaturnya, meskipun semua kontestan yang sudah ditetapkan menjadi calon diminta tidak ada yang mundur.

Untuk memberikan sanksi bagi calon kepala desa yang mundur, kata dia, perlu ada perubahan aturan dari pusat, sehingga pemerintah daerah bisa menindaklanjutinya.

Menurut dia, banyak cara yang dilakukan untuk bisa memenangkan pilkades, termasuk ada yang mencalonkan istrinya demi menghindari calon tunggal.

Baca juga: Dua desa di Pati rawan konflik saat pilkades

Ia mencatat sekitar 17 desa yang kontestannya merupakan pasangan suami istri dari 282 calon kepala desa yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan data Pemdes Pati, jumlah kontestan Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Pati 282 calon yang akan bersaing memperebutkan kursi kepala desa yang akan berlangsung pada 21 Desember 2019.

Bupati Pati Haryanto saat memberikan pembekalan juga mengingatkan semua calon kepala desa untuk siap kalah dan siap menang.

Semua pihak juga diminta ikut menjaga situasi wilayah tetap kondusif serta menjaga kerukunan dengan harapan pilkades sebagai ajang memilih pemimpin tidak memunculkan bibit perpecahan.

Panitia pemilihan kepala desa, pengawas, serta BPD juga diminta bersikap netral, sedangkan yang ingin memberikan dukungan kepada salah satu calon diminta untuk mengundurkan diri.

Baca juga: 28 pasutri maju pilkades di Temanggung
Baca juga: Mayoritas kades petahana terpilih kembali dalam Pilkades Kudus
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar