Mendag jamin stok komoditas pokok aman jelang Natal-Tahun Baru

id Mendag, pengecekan harga

Mendag jamin stok komoditas pokok aman jelang Natal-Tahun Baru

Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto usai melakukan pengecekan harga komoditas pokok di Pasar Rejosari Solo. ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) -
Menteri Perdagangan (Mendag)  Agus Suparmanto mengecek kesiapan komoditas pokok di Kota Solo untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi pada momentum Natal dan Tahun Baru 2020.

"Hari ini saya mengecek apakah harga stabil. Sejauh ini stok aman dan cukup," katanya di sela pengecekan di Pasar Rejosari Solo, Jumat.

Ia mengatakan beberapa komoditas yang perlu diwaspadai di antaranya beras, daging sapi, dan daging ayam mengingat biasanya ada kenaikan permintaan oleh masyarakat.

Baca juga: Kemendag pastikan ketersediaan pupuk penuhi kebutuhan petani

"Orang biasanya akan membeli bahan pangan, saya juga melihat pemimpin daerah sangat baik dari sisi penyediaan komoditas pangan," katanya.

Dari hasil pantauan, untuk harga cabai rawit merah Rp32.000/kg, cabai rawit hijau Rp29.000/kg, cabai merah besar Rp30.000/kg, dan cabai merah keriting Rp29.000/kg.

Selanjutnya, untuk harga bawang merah saat ini Rp33.000/kg, bawang putih Rp32.000/kg, untuk daging ayam ras Rp34.000/kg, dan telur ayam ras Rp25.000/kg.

"Sedangkan untuk beras kualitas medium berkisar Rp9.500-10.000/kg dan beras kualitas medium berkisar Rp8.500-9.500/kg," katanya.

Sementara itu, pada kunjungannya ke Soloraya Agus juga menghadiri Munas Asosiasi Distributor Pupuk Indonesia (ADPI) di Hotel Alila Solo. Pada kesempatan itu, pihaknya memastikan pemerintah terus menjaga ketersediaan pupuk mulai dari tingkat distributor hingga produsen untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan di tingkat petani.

"Presiden selalu mengatakan Indonesia harus bisa berdaulat pangan, pupuk memiliki peran strategis dalam mendukung sektor pertanian, khususnya meningkatkan produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan nasional," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar