Jelang Natal, harga kebutuhan masyarakat di Purwokerto stabil

id Perkembangan harga, pasar tradisional purwokerto

Jelang Natal,  harga kebutuhan masyarakat di Purwokerto stabil

Harga sejumlah kebutuhan masyarakat di Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, relatif stabil menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (ANTARA/Sumarwoto)

Purwokerto (ANTARA) - Harga sejumlah kebutuhan masyarakat di pasar tradisional Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, relatif stabil menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Dari pantauan di Pasar Manis, Purwokerto, Kamis, harga cabai rawit merah sebesar Rp35.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp30.000/kg, cabai merah besar Rp31.000/kg, dan cabai merah keriting Rp29.000/kg.

Selain itu, bawang merah sebesar Rp34.000/kg, bawang putih Rp32.000/kg, daging ayam ras Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp25.000/kg, beras kualitas medium berkisar Rp9.500-Rp10.000/kg, dan beras kualitas bawah berkisar Rp9.000-Rp9.500/kg.

Salah seorang pedagang sayuran, Yuni mengakui jika hingga saat ini, harga sejumlah kebutuhan masyarakat masih relatif stabil meskipun beberapa di antaranya kadang berfluktuasi seperti cabai rawit merah dan bawang merah.

Baca juga: Harga kebutuhan poko masyarakat di Kudus fluktuasi

"Sekarang memang masih relatif stabil tapi dalam beberapa hari ke depan bisa jadi mulai mengalami kenaikan seiring dengan meningkatnya permintaan dari konsumen menjelang Natal dan tahun baru serta menurunnya pasokan dari petani karena dampak musim hujan," katanya.

Kendati demikian, dia mengharapkan kenaikan harga yang berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan itu tidak terlalu tinggi.

Dengan demikian, kata dia, daya beli konsumen tidak menurun dan pedagang pun tetap bisa menjual dagangannya tanpa khawatir tidak laku karena adanya kenaikan harga.

Salah seorang pedagang daging ayam ras, Siti mengakui jika harga daging ayam ras relatif stabil dalam beberapa hari terakhir.

"Memang sih, kadang masih berfluktuasi di kisaran Rp33.000-Rp35.000/kg. Namun dalam beberapa hari terakhir sebesar Rp35.000/kg," katanya.

Sementara itu, salah seorang ibu rumah tangga, Hikmawati mengharapkan harga kebutuhan masyarakat tetap stabil meskipun dalam suasana Natal dan tahun baru.

"Kalaupun ada kenaikan harga, semoga tidak terlalu tinggi sehingga tetap bisa terjangkau oleh kami yang berpenghasilan rendah," katanya. 

Baca juga: Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat di Cilacap Stabil
Baca juga: Stabil, harga kebutuhan masyarakat di Banyumas jelang Ramadhan
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar