KAI sesuaikan jadwal pascaoperasional rel ganda

id KAI, rel ganda, Gapeka

KAI sesuaikan jadwal pascaoperasional  rel ganda

Kepala Stasiun Solobalapan Suharyanto (Foto: ANTARA/Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih melakukan penyesuaian jadwal pascaoperasional rel ganda pada 1 Desember 2019.

"Saat ini KAI masih melakukan penyesuaian Grafik Perjalanan KA (Gapeka), termasuk penyiapan rangkaian KA yang relasinya ditambah," kata Kepala Stasiun Solobalapan Suharyanto di Solo, Selasa.

Berdasarkan data, dikatakannya, ada beberapa KA yang jam pemberangkatannya dimajukan dan sebagian lagi mundur. Seperti contoh, untuk KA Argo Lawu mundur 30 menit menjadi 08.30 WIB dan KA Argo Dwipangga maju 15 menit menjadi 19.45 WIB.

Ia mengatakan dengan dioperasionalkannya rel ganda tersebut, akan ada tiga kereta tambahan di Stasiun Solobalapan, yaitu KA Mataram relasi Stasiun Solobalapan-Pasar Senen, KA Sancaka lintas utara relasi Kutoarjo-Pasar Senen, dan KA Anjasmoro relasi Jombang-Pasar Senen.

Baca juga: Pegawai KAI Daop 4 dilarang cuti selama libur Natal-Tahun Baru

"Dari ketiga KA ini hanya Mataram yang dari Stasiun Solobalapan, sedangkan dua KA lainnya hanya melintas. Untuk KA Mataram ini sebelumnya melayani relasi Yogyakarta-Pasar Senen," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, PT KAI belum menentukan KA mana saja yang relasinya akan ditambah. Menurut dia, sejauh ini baru KA Mataram yang sudah beroperasi dari Stasiun Solobalapan-Pasar Senen.

"Untuk dua lainnya kami belum tahu mana yang singgah di Stasiun Solobalapan, kemungkinan dua-duanya jalan," katanya.

Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop VI Eko Budiyanto mengatakan sesuai dengan Gapeka 2019, KA yang melayani pemberangkatan dari Stasiun Solobalapan, yaitu KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Senja Utama Solo, Mataram, Lodaya, dan Joglosemarkerto.

"Untuk Argo Lawu dan Argo Dwipangga ini melayani rute Solobalapan-Gambir, Senja Utama Solo melayani rute Solo-Pasar Senen, Lodaya melayani relasi Solobalapan-Bandung, dan Joglosemarkerto melayani rute Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto," katanya.

Terkait hal itu, dikatakannya, PT KAI (Persero) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk ditiadakannya KA Kalijaga yang selama ini melayani rute Solo-Semarang.
Baca juga: Awasi jalur rawan bencana, KAI Purwokerto siapkan petugas ekstra


 
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar