KPU Kabupaten Banyumas sosialisasikan hasil pemilu ke sejumlah komunitas

id pilkada banyumas 2020,pilkada serentak,kpu banyumas

KPU Kabupaten Banyumas sosialisasikan hasil pemilu ke sejumlah komunitas

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU). ANTARA/HO-Dian Hadiyatna

Purwokerto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas terus menyosialisasikan hasil pemilu dengan menyasar sejumlah komunitas yang ada di wilayah setempat.

"Kami mengintensifkan sosialisasi hasil pemilu ke sejumlah komunitas melalui program KPU Visit," kata Anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko di Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Dalam kegiatan KPU Visit, pihaknya akan membagikan brosur berisikan nama-nama anggota dewan yang berasal dari dapil setempat.

"Pada beberapa kesempatan kami juga menghadirkan anggota dewan yang terpilih. Tujuannya agar masyarakat mengenal secara langsung anggota DPRD sekaligus untuk menjadi ajang anggota dewan untuk menyerap aspirasi langsung dari konstituennya," katanya.

KPU Visit dilakukan dengan mengunjungi basis pemilih yakni pemilih pemula, kelompok perempuan, dan kelompok berkebutuhan khusus.

Baca juga: Wacana evaluasi pilkada perlu pengkajian menyeluruh

"Hingga akhir November, sudah sembilan komunitas yang dikunjungi. Yakni pemilih pemula di SMK Mpu Tantular Kemranjen dan SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen. Kelompok perempuan di lereng Gunung Slamet Desa Melung Kedungbanteng, kelompok sholawatan Desa Sokaraja Lor, Sokaraja dan kelompok PKH Desa Kracak, Ajibarang," katanya.

Kemudian untuk kelompok berkebutuhan khusus diadakan di komunitas PKL Jalan Kampus Unsoed, penambang pasir Desa Srowot, Kalibagor, kelompok petani Desa Tinggarjaya, Jatilawang, dan komunitas PKL Taman Kota Ajibarang.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Banyumas Yasum Surya Mentari menambahkan bahwa pihaknya baru saja menggelar KPU Visit ke Komunitas Pedagang Taman Kota Ajibarang. Dalam acara tersebut, hadir sekitar 30 anggota komunitas pedagang.

Anggota KPU Kabupaten Banyumas datang ke komunitas-komunitas salah satu tujuannya adalah untuk mengenalkan hasil-hasil pemilu kepada masyarakat.

"Kami berharap masyarakat mengetahui mengenai hasil pemilu, minimal tahu nama-nama wakil rakyat yang mewakili dapilnya," katanya.

Masyarakat perlu ikut mengawasi kinerja para wakil rakyat yang terpilih.

Baca juga: Bawaslu Pekalongan ajak masyarakat ikut mengawasi pilkada

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, parpol harus berani mereformasi diri


"Tugas masyarakat adalah terus-menerus mengawasi para wakil rakyat yang terpilih. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dan kepentingan mereka tanpa memandang asal partai para calon terpilih," katanya.

Setelah dilantik dan disumpah atas nama rakyat, kata dia, tidak ada lagi sekat-sekat partai dan semua berjuang untuk masyarakat Banyumas, khususnya di dapilnya masing-masing.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengintensifkan sosialisasi dan program pendidikan pemilih melalui kegiatan KPU Visit.

Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar