Antisipasi kejahatan, 4 anjing pelacak disiagakan di Batang

id Polres Batang, anjing pelacak,K 9

Antisipasi kejahatan, 4 anjing pelacak disiagakan di Batang

Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga bersama Waka Polres Kompol Hartono dan anggota polisi berfoto bersama usai meresmikan Media Manajemen Center. ANTARA/Kutnadi

Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, menyiagakan empat satwa anjing (K-9) untuk membantu tugas polisi dalam mengantisipasi tindak kejahatan di wilayah setempat.

Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga di Batang, Senin, mengatakan bahwa sebanyak empat satwa tersebut bernama Hokky Belgian sebagai anjing spesialis pelacak umum, Cindy Dutch Sepherd, dan Rokky German Sepherd All White spesialis pelacak narkotika.

"Anjing tersebut memiliki paspor dan satwa tersebut sudah terlatih untuk membantu tugas polisi dalam menumpas tindak kejahatan," katanya usai meresmikan Kantor Unit K-9 dan Media Manajemen Center, Senin.

Baca juga: Anjing pelacak diterjunkan untuk pengamanan Stasiun Purwokerto

Ia mengatakan sebelum memiliki Kantor Unit K-9, polisi merasa kebingungan beristirahat setelah melatih empat anjing pelacak tersebut.

Namun, kata dia, setelah memiliki kantor itu maka para pawang atau polisi yang bertugas melatih anjing itu bisa beristirahat dengan leluasa.

"Kantor unit K-9 ini dibangun untuk mempermudah dalam berkoordinasi dengan anggota K-9 agar saat dibutuhkan untuk membantu melacak tindak kejahatan atau pengamanan massa siap digerakkan.
Polisi yang bertugas dibidang ini akan siaga di kantor unit selama 24 jam," katanya.

Menurut dia, satwa K-9 milik Polres Batang ini sudah beberapa kali ikut mendukung tugas pengamanan seperti penjagaan di PLTU Batang, pengamanan sepak bola, razia narkotika. "Hampir semua kegiatan (satwa ini) kita libatkan," katanya.

Polisi Satwa K-9 Briptu M. Sayfudin mengatakan anjing pelacak ini dilatih tiga kali per minggu sebagai upaya mengasah kepekaan dan kecerdasan satwa tyersebut.

"Prestasi K-9 bernama Hokky bertugas sejak 2017 ini adalah membantu penugasan pengungkapan kasus pembunuhan pencurian dengan kekerasan di wilayah Polsek Gringsing," katanya.

Baca juga: Polres Batang kerahkan anjing pelacak antisipasi teror
Baca juga: Cari korban longsor Brebes, dua anjing pelacak dikerahkan
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar