PLN UID Jateng-DIY raih runner-up CSR Awards

id Pln, penghargaan,Semarang

PLN UID Jateng-DIY raih runner-up CSR Awards

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY berhasil meraih juara ke-2 CSR PLN Awards untuk program kemitraan Kemilau Krisan Bukit Menoreh. ANTARA/HO-Humas PLN

Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY berhasil meraih juara ke-2 CSR PLN Awards untuk program kemitraan Kemilau Krisan Bukit Menoreh.

Kemilau Krisan Bukit Menoreh merupakan program unggulan PLN UID Jateng dan DIY yang berada di Agrowisata Krisan Desa Gerbosari Kec. Samigaluh Kab. Kulonprogo yang merupakan binaan PLN Peduli sejak tahun 2016.

Agrowisata Krisan menawarkan wisata keindahan bunga krisan yang saat ini menjadi ikon dan gantungan hidup bagi sebagian besar warga Gerbosari.

Baca juga: PLN Klaim Tuntaskan CSR PLTU Batang Senilai Rp1 Miliar

Permintaan pasar yang terus meningkat, diimbangi dengan munculnya kebun-kebun krisan baru yang menjadikan Agrowisata Krisan semakin mandiri dengan pemberdayaan potensi warga desa.

Penghargaan tersebut merupakan bagian dari perhelatan Festival PLN Peduli yang diselenggarakan di PLN Kantor Pusat dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada 27 Oktober 2019.

Festival PLN Peduli memiliki tiga program acara utama yaitu seleksi dan penilaian program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Awards dari seluruh unit dan anak perusahaan (AP) PLN, pameran booth program CSR dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan, dan talkshow yang mengusung tema PLN Peduli yang berwawasan lingkungan untuk keberlanjutan perusahaan.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin menjelaskan bahwa Festival PLN Peduli 2019 merupakan yang pertama kali digelar sebagai perayaan dari CSR PLN Awards 2019.

"Kami menyeleksi CSR binaan seluruh unit dan anak perusahaan PLN dari September hingga 15 Oktober, mengadakan expo PLN Peduli yang menampilkan program-program unggulan CSR, serta produk-produk unggulan mitra binaan PLN seluruh Indonesia dari 21 - 23 Oktober, dan talkshow sebagai puncak acara pengumuman pemenang CSR PLN Awards 2019,” kata Amir Rosidin.

Seleksi CSR PLN Awards 2019 memiliki beberapa kriteria penilaian di antaranya, manfaat program, program pemberdayaan, jumlah penerima manfaat, terdapat exit strategy, adanya peran para pihak, komitmen manajemen PLN, publikasi media, dan pengakuan manfaat program dari stakeholder.

Tujuan Festival PLN Peduli khususnya CSR PLN Awards 2019, tambah Amir, yaitu mendorong terciptanya program CSR unggulan di PLN Group, memberikan apresiasi terhadap program unggulan CSR yang telah melaksanakan program unggulan terbaik serta memperluas pemasaran mitra binaan.

“Kami berharap bahwa acara seperti ini semakin membentuk perspektif bahwa program CSR perusahaan bukan hanya menjalankan kewajiban Undang-undang (UU) pemerintah dalam hal sosial lingkungan, namun sebagai komitmen perusahaan untuk bersama sama meningkatkan ekonomi, sosial, edukasi masyakaat sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar dapat seiring sejalan dengan kemajuan PLN hingga tercipta hubungan yang harmonis didalamnya," tambah Amir.

Acara tersebut juga sejalan dengan tujuan PLN dalam menjalankan Sustainable Development Goals (SDGs) ke 7 yaitu Menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, modern untuk semua.

Baca juga: 7.000 rumah tangga miskin di Banyumas belum teraliri listrik
Baca juga: Dukung perekonomian Temanggung,PLN sediakan gardu induk 160 MVA
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar