SMK Purwodadi Grobogan "ngluruk" ke Autometallic Bali

id Bengkel reparasi mobil, SMK Pembangunan Nasional Purwodadi, bengkel Autometallic batubulan

SMK Purwodadi Grobogan "ngluruk" ke Autometallic Bali

SMK Purwodadi, Jateng kunjungi bengkel Autometallic sinkronkan kurikulum pembelajaran. ANTARA/HO/Komang Suparta

Denpasar, Bali (ANTARA) - Sekolah Kejuruan Menengah (SMK) Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, "ngluruk" untuk melakukan kunjungan dan pelatihan di Autometallic, bengkel cat dan poles bodi (bodi repair), guna pengenalan industri dalam sinkronisasi dengan kurikulum pembelajaran siswa kejuruan tersebut.

Ketua Prodi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Body Auto SMK Pembangunan Nasional Purwodadi, Sutisno, saat berkunjung bersama 151 siswa ke bengkel Autometallic, Batubulan, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu mengatakan pihaknya mengajak siswa untuk studi banding pengenalan bengkel cat dan poles bodi di Bali.

Ia mengatakan dalam kunjungan industri yang kedua kalinya di Autometallic bertujuan untuk mengenalkan budaya industri, juga mempelajari teknik seorang mekanik dalam memperbaiki bodi kendaraan, baik dengan pengelasan, pendempulan, pengecatan hingga finishing dengan pernis.

"Memang kegiatan pembelajaran yang bisa dilihat secara langsung dan spesifikasi alat yang mumpuni menjadi pertimbangan kami untuk melakukan kunjungan industri ke sini," kata dia.

Seorang siswa, Tedi Febrianto mengakui manfaat dari kunjungan industri ini untuk menambah pengalaman dan keterampilan yang selama ini dipelajari dari mulai teknik pendempulan, pengamplasan dan pengecatan.

Baca juga: XL Axiata bekali siswa SMA/SMK hadapi revolusi Industri 4.0

"Kami setelah tamat sekolah berencana membuka bengkel sendiri. Di sini juga ingin menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya sewaktu magang agar menjadi tambah percaya diri dan tidak ragu-ragu dalam pengerjaan teknis," ucapnya.

Sementara itu, pemilik Bengkel Cat dan Body Repair Autometallic, Pande Nyoman Sutrisna merasa bangga karena selama ini bisa menerima kunjungan dari siswa-siswi SMK yang mau belajar tentang body repair.

Ia mengharapkan selama kunjungan agar mendapatkan manfaat bagi siswa bisa mengetahui proses body repair mulai pengetokan, pendempulan, pengecatan dan poles body.

"Semoga bermanfaat bagi mereka dan sukses selalu," kata Nyoman Sutrisna.

Lebih lanjut Nyoman Sutrisna mengatakan bengkel Autometallic dengan kelebihan pelayanan satu hari jadi (one day service) memiliki fasilitas perbaikan bodi mobil dan pengecatan berstandar tinggi dengan teknologi mesin oven dari Italia. Dengan fasilitas tujuh mesin oven produksi Italia sangat membantu percepatan dalam pengeringan cat mobil walau cuaca dalam keadaan mendung.

Selain layanan "one day service", Bengkel Autometallic juga memberikan garansi satu tahun, layanan klaim asuransi dan layanan antar jemput kendaraan. Disamping perbaikan bodi mobil tingkat berat karena tabrakan, bengkel ini juga menerima perbaikan kerusakan-kerusakan kecil dengan menawarkan keunggulan efisiensi waktu dan biaya.

Baca juga: Jateng bakal bangun SMK negeri gratis di 15 kabupaten/kota
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar