KPPN dekatkan layanan pada satker untuk efisiensi

id Kppn, solo, satker

KPPN dekatkan layanan pada satker untuk efisiensi

Kepala KPPN Surakarta Sugiarso (dua dari kanan) memperlihatkan layanan KPPN mobile kepada Bupati Sukoharjo. (Foto: Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta mendekatkan layanan kepada satuan kerja (satker) untuk efisiensi anggaran.

"Yang kami lakukan salah satunya dengan meningkatkan inovasi layanan KPPN mobile," kata Kepala KPPN Surakarta Sugiarso di sela Peresmian Layanan Mobile KPPN Surakarta di Kantor Bupati Sukoharjo, Senin (23/9).

Ia mengatakan khusus untuk Kabupaten Sukoharjo, besaran anggaran yang disalurkan melalui KPPN Surakarta pada tahun ini mencapai Rp2,9 triliun. Sebagai rinciannya, anggaran tersebut terdiri dari dana alokasi khusus (DAK) fisik, dana desa, dan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).

Meski demikian, untuk realisasi penyaluran masih relatif rendah. Oleh karena itu, selain efisiensi perjalanan dinas, pihaknya berharap dengan mendekatkan jarak tersebut, maka penyaluran anggaran juga dapat lebih efektif.

"Inovasi layanan mobile ini menjembatani agar mitra KPPN dapat lebih cepat mencairkan atau melaksanakan anggarannya," katanya.

Baca juga: KPPN Surakarta ajak satker bebas dari korupsi

Ia juga berharap seluruh satker yang menjadi mitra KPPN dapat mengakses layanan tersebut ketika KPPN mobile ada di Kabupaten Sukoharjo. 

"Saat ini dalam satu bulan kami merencanakann dua hari di Sukoharjo. Namun tadi arahan dari bupati paling tidak bisa tiga hari, kami akan koordinasi dengan pimpinan kami dulu. Itu juga tergantung respon dari satker," katanya. 

Terkait hal itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo menyambut baik keberadaan KPPN mobile tersebut.

"Kami sangat mendukung karena selain biaya perjalanan dinas makin hemat juga waktu makin efisien dan pekerjaan lebih produktif," katanya.

Ia berharap melalui peningkatan layanan tersebut dapat terjalin sinergi yang kokoh antara KPPN Surakarta dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

"Saya juga berharap satker agar memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya keberadaan layanan KPPN mobile ini, tidak hanya untuk pencairan anggaran tetapi sekaligus untuk konsultasi," katanya. 

Baca juga: Pastikan transparansi pengelolaan anggaran, KPPN sosialisasikan Sakti
 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar