Jelang Porwil Dulongmas, KONI Magelang butuh tambahan dana

id koni kota magelang

Jelang Porwil Dulongmas, KONI Magelang butuh tambahan dana

KONI Kota Magelang menggelar rapat koordinasi dengan para pengurus cabang olahraga membahas persiapan Porwil Dulongmas. ANTARA/Heru Suyitno

Kalau dana hibah dari Pemkot Magelang sama dengan tahun 2019 sebesar Rp1 miliar, kami tidak mungkin bisa berpartisipasi pada Porwil Dulongmas
Magelang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang, Jawa Tengah membutuhkan tambahan dana hibah untuk persiapan Pekan Olahraga Wilayah Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Porwil Dulongmas) pada 2020.

Ketua Harian KONI Kota Magelang Subarkah di Magelang, Rabu, mengatakan untuk persiapan maupun pelaksanaan Porwil Dulongmas yang akan berlangsung di Kota Pekalongan, KONI Kota Magelang membutuhkan dana sekitar Rp2,5 miliar.

"Kalau dana hibah dari Pemkot Magelang sama dengan tahun 2019 sebesar Rp1 miliar, kami tidak mungkin bisa berpartisipasi pada Porwil Dulongmas. Kami masih butuh tambahan dana hibah lagi sekitar Rp1,5 miliar," katanya.

Baca juga: Kota Magelang siap berlaga pada Porwil Dulongmas

Ia menyampaikan dana hibah 2019 sebesar Rp1 miliar, sebanyak Rp750 juta di antaranya digunakan untuk dana prestasi atlet, sedangkan sisanya Rp250 juta untuk dana latihan cabang olahraga, pengiriman atlet ke berbagai kejuaraan, serta untuk kesekretariatan.

"Karena dananya terbatas, maka sarana dan prasarana tidak kebagian," katanya.

Ia menuturkan pada Porwil Dulongmas 2015 Kota Magelang menjadi tuan rumah dan mengikuti semua cabang olahraga yang dilombakan yang 31 cabang.

"Dulongmas 2020 mendatang pengurus cabor (cabang olahrga) juga berharap bisa mengikuti semua cabor yang dilombakan," katanya.

Baca juga: Banyumas Juara Porwil Dulongmas

Mengenai berapa cabang olahraga yang akan dilombakan pada Porwil Dulongmas 2020, baru akan dibahas pada rapat pengurus KONI se-Dulongmas di Banjarnegara pada Oktober 2019.

"Yang pasti 'event' Porwil Dulongmas menjadi target antara untuk menuju 10 besar Porprov Jateng 2022, seperti yang diminta Pak Wali Kota Magelang. Target 10 besar Jateng itu harus bisa kita raih," katanya.

Prestasi yang diraih atlet Kota Magelang pada Porprov 2018 di Solo membanggakan dengan mempersembahkan 13 medali emas, 16 perak, dan 16 perunggu.

Baca juga: 3.131 Atlet Ikuti Porwil Dulongmas

Peringkatnya melejit dari posisi 25 di Porprov 2013 menjadi peringkat 15 di Porprov 2018. Keberhasilan itu yang menyebabkan wali kota menetapkan target pada Porprov 2022 meraih posisi 10 besar Jateng.

Menanggapi permintaan tambahan dana hibah KONI tersebut, Sekda Kota Magelang Joko Budiyono mengatakan Pemkot Magelang siap membantu.

"Saya sudah minta kepada Pak Budi (Ketua Umum KONI Kota Magelang, red.) untuk mengajukan surat tambahan dana hibah, tetapi sampai sekarang belum sampai ke saya," katanya.

Menurut dia, surat dari KONI diperlukan supaya wali kota mengetahui permohonan tambahan dana hibah untuk kepentingan apa.

"Saya tunggu surat dari Pak Budi secepatnya. Jangan sampai akhir bulan, karena APBD 2020 segera dibahas," katanya. 

Baca juga: 139 Atlet Purbalingga Siap Berlaga di Porwil Dulongmas
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar