Penataan sempadan Sungai Loji, pemkot siapkan Rp1,4 miliar

id Pemkot Pekalongan,sempada

Penataan sempadan Sungai Loji, pemkot siapkan Rp1,4 miliar

Tim apraisal (penaksir harga) beraudiensi dengan pemilik lahan yang tanahnya akan dibebaskan untuk proyek penataan Sempadan Kali Loji. ANTARA/Kutnadi

untuk membayar pembebasan ganti rugi tanah dan bangunan milik warga yang berada di sekitar sungai itu
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah menyiapkan dana Rp1,4 miliar untuk pelaksanaan proyek penataan sempadan Sungai Loji tahap pertama.

Kepala Bidang Pertanahan, Penataan Ruang, dan Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Khaerudin di Pekalongan, Jumat, mengatakan dana Rp1,4 miliar akan diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019.

"Dana itu akan kami gunakan untuk membayar pembebasan ganti rugi tanah dan bangunan milik warga yang berada di sekitar sungai itu. Pada tahap pertama ini, sebanyak 32 bidang tanah yang akan dibebaskan," katanya.

Ia mengatakan pembebasan lahan dalam proyek penataan sempadan Kali Loji tahap pertama itu untuk radius 500 meter dari total radius 1.500 meter yang dibutuhkan.

"Untuk radius 500 meter ini ada 32 bidang yang kami bebaskan,” katanya.

Ia menjelaskan setelah terjadi kesepakatan akan dilanjutkan dengan tahap pemberkasan yang diperkirakan memakan waktu hingga satu bulan.

"Setelah itu selesai, akan dilanjutkan dengan proses pembayaran menggunakan dana APBD 2019," katanya.

Ia menambahkan harga tanah milik warga antara Rp260 ribu hingga Rp375 ribu per meter persegi, sedangkan nilai bangunan Rp600 ribu hingga Rp1,9 juta per meter persegi.
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar