Kontes kambing Kaligesing bakal digelar di Banjarnegara

id Pemkab Banjarnegara,kambing,kontes kambing kaligesing

Kontes kambing Kaligesing bakal digelar di Banjarnegara

kambing kaligesing banjarnegara (dok. pribadi)

Banjarnegara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan akan menggelar kontes kambing peranakan etawa (PE) ras Kaligesing Dipayudha Cup III dalam rangka mempromosikan produksi unggulan daerah.

"Kontes kambing peranakan etawa ras Kaligesing regional Jawa Tengah dan Yogyakarta ini akan berlangsung pada Minggu, 29 September 2019, di lapangan Desa Sokaraja, Pagentan," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Banjarnegara, Herrina Indri Hastuti di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis.

Dia menambahkan, acara tersebut digelar bekerja sama dengan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional DPD Banjarnegara.

Baca juga: Kambing Unggulan Kaligesing Tak Diizinkan Dijual ke Luar

"Ada berbagai hadiah menarik bagi para pemenang kontes kambing ini, kami berharap akan banyak pihak yang berperan serta dalam kegiatan ini," katanya.

Dia menambahkan, kelas yang dilombakan adalah kelas A, B, C, D untuk kambing jantan dan juga betina. Kontes kambing tersebut diharapkan dapat menjadi ajang promosi daerah sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan juga populasi kambing Kaligesing serta mendorong masyarakat untuk terus mengembangkannya.

"Kontes kambing Kaligesing ini diharapkan dapat efektif menjaring ternak yang memiliki genetika unggul dan bernilai tinggi guna memotivasi masyarakat untuk terus mengembangkannya pada masa yang akan datang," katanya.

Dengan demikian, kata dia, kegiatan tersebut akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah setempat.

"Melalui ternak kambing yang kualitasnya terjaga dengan baik, diharapkan makin mendorong semangat masyarakat untuk berternak dan menghasilkan lebih banyak lagi bibit-bibit unggul," katanya.

Dia juga menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan peternakan kambing di wilayah Banjarnegara karena sangat potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Ratusan Kambing Etawa Kontes di Wonosobo
Baca juga: Mahasiswa UI Teliti Kulit Kambing Etawa untuk Cangkang Kapsul

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar