Masyarakat diingatkan pentingnya pengelolaan sumber daya ikan

id nelayan,kemampuan nelayan,peningkatan kapasitas nelayan,sumber daya perikanan

Masyarakat diingatkan pentingnya pengelolaan sumber daya ikan

ilustrasi: Nelayan membenahi perahu saat tidak melaut di Kampung nelayan Tanjung, Sumenep, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. (Foto Dok/Foto Saiful Bahri)

Purwokerto (ANTARA) - Pengamat ekonomi perikanan dari Universitas Jenderal Soedirman (UnSoed) Purwokerto Teuku Junaidi mengingatkan pentingnya pengelolaan sumber daya ikan guna mewujudkan sektor perikanan yang berkelanjutan.

"Salah satu caranya dengan pemanfaatan sumber daya ikan itu sendiri, disesuaikan antara tangkap dan pertumbuhan sehingga tercipta sumber daya ikan yang berkelanjutan," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin.

Dia mengatakan pemanfaatan sumber daya ikan yang ada sekarang ini masih bisa terus dioptimalkan lagi.

"Dalam persaingan di era global ini, perikanan tangkap masih memiliki prospek yang sangat baik, tinggal bagaimana mengintensifkan lagi agar terus dapat dimanfaatkan secara optimal," katanya.

Teuku Junaidi juga mengatakan sumber daya ikan yang tidak dimanfaatkan secara berkala dikhawatirkan bisa mengakibatkan ketidakseimbangan.

"Misalkan dapat mengakibatkan ikan yang lebih besar bermigrasi. Hal ini terjadi karena persaingan dalam mencari makan dan secara naluri ikan-ikan akan berpindah ke perairan lain, sementara jenis sumber daya hayati di permukaan dasar seperti udang umurnya terbatas, maka akan terjadi kematian secara alami," katanya.

Baca juga: Nelayan mulai bongkar hasil tangkapan, aktivitas TPI Pekalongan menggeliat

Dia menambahkan, pemanfaatan sumber daya ikan secara optimal akan berdampak positif bukan hanya bagi perekonomian, namun juga bagi lingkungan. "Bukan hanya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat pesisir, namun juga dapat menjaga kelestarian," katanya.

Sebelumnya dia juga mengatakan bahwa regenerasi nelayan dan peningkatan sumber daya manusia bidang perikanan juga perlu menjadi prioritas.

Dia juga menambahkan dengan adanya regenerasi dan pengembangan SDM bidang perikanan secara konsisten, maka akan mewujudkan sektor perikanan yang berkelanjutan.

Teuku Junaidi menilai pada saat ini kemampuan yang dimiliki sebagian nelayan dan petani ikan dalam pemanfaatan sumber daya masih terbatas pada ilmu dan pengalaman secara turun temurun.

"Padahal kemampuan tersebut dapat terus dikembangkan melalui pelatihan dan program pemberdayaan lain, dalam rangka pelestarian sumber daya ikan, terlebih lagi masyarakat pesisir kita memiliki sifat yang dinamis, yang bisa menjadi modal dalam program peningkatan SDM bidang perikanan," katanya.

Baca juga: Hasil tangkapan meningkat, nelayan Jepara raup Rp1 juta/hari (VIDEO)

Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar