Rossi dan kubu Yamaha ungkap hasil hari pertama tes di Misano

id Valentino Rossi ,Maverick Vinales,MotoGP di Misano

Rossi dan kubu Yamaha ungkap hasil hari pertama tes di Misano

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) di ketika menjalani sesi pemanasan GP Inggris, Sirkuit Silverstone (25/8/2019) (Reuters/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Empat pebalap Yamaha berada di peringkat lima besar pebalap tercepat di hari pertama tes MotoGP di Misano, Italia, Kamis waktu setempat.

Duo pebalap tim satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, berada di puncak.

Rookie Quartararo mencatatkan waktu tercepat satu menit 32,996 detik sementara rekan satu timnya terpaut 0,023 detik untuk meninggalkan Marc Marquez sekitar 0,2 detik di peringkat tiga, demikian laman resmi MotoGP.

Kemudian dua pebalap pabrikan Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales terpaut 0,251 detik di peringkat empat diikuti Valentino Rossi di peringkat lima dengan margin 0,3 detik dari pemuncak sesi tes.

Baca juga:Duo tim satelit Yamaha puncaki hari pertama tes Misano

Baca juga:MotoGP keluarkan kalender provisional musim balapan 2020

Quartararo mendapati hari yang cukup positif ketika pertama kali menjajal Sirkuit Misano di atas mesin MotoGP hari itu.

"Hari ini cukup positif, kami melakukan banyak putaran, 100 putaran hari ini," kata pebalap asal Prancis itu kepada MotoGP.com.

"Dan hasilnya bagus karena kami tak mencoba banyak hal hari ini. Kami hanya mencoba membiasakan diri dengan trek karena ini baru pertama kali untukku. Jadi hari ini lebih fokus ke mempelajari, bekerja dengan elektronik baru dan hari yang sangat baik karena kami menunjukkan kecepatan dan lap yang bagus."

Pebalap berjuluk El Diablo itu masih memiliki sedikit rasa sakit di leher menyusul kecelakaan yang ia alami di Silverstone akhir pekan lalu.

"Tapi semuanya baik-baik saja. Sakit kepala yang aku alami Minggu sudah hilang."

Sedangkan Morbidelli menguji ban Michelin untuk menemukan keseimbangan yang pas untuk meningkatkan grip.

Baca juga:Quartararo beberkan insiden kecelakaan di Silverstone

Baca juga:Rossi beberkan alasannya gagal amankan podium di Silverstone

Di garasi tim pabrikan, Rossi dan Vinales menguji versi kedua mesin Yamaha 2020, setelah sebelumnya menguji versi pertamanya di Brno.

Pabrikan asal Iwata itu juga menguji knalpot yang berbeda, mirip dengan knalpot ganda Suzuki, serta lengan ayun karbon dan penutup rem depan karbon.

Rossi diberi tiga motor untuk diuji, sedangkan Vinales turun ke trek untuk menguji komponen aerodinamika depan dan buritan baru yang dipakai di Brno.

Maverick Vinales, yang berada di peringkat empat hari itu tak cukup puas dengan hasil tes karena Yamaha sejauh ini masih kewalahan menemukan daya cengkeram ban serta memiliki defisit kecepatan puncak musim ini.

"Kami bekerja keras untuk meningkatkan pergerakan motor tapi ini adalah hari yang cukup sulit, aku sedikit kesulitan dengan grip depan di trek yang bagus untuk dikerjakan lagi, kita lihat di hari kedua apa lagi yang bisa kami tingkatkan," kata Vinales.

"Kami harus terus bekerja agar aku merasa bagus dengan motor. Hari ini aku sangat kesulitan, aku tak terlalu nyaman dengan motor itu, jadi besok kami harus mencoba hal yang lain untuk meningkatkan motor itu.

Sementara Rossi cukup bisa berterima mengingat mesin 2020 masih menyisakan ruang untuk ditingkatkan.

"Kami juga mencoba itu, tapi itu lebih untuk tahun depan. Menurutku, kami berada di jalan yang baik tapi kami perlu lebih baik lagi. Kami perlu melangkah lebih jauh lagi, tapi kami berada di jalur yang benar," kata The Doctor.

Tes Misano akan dilanjutkan pada Jumat waktu setempat.
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar