Welcome to Family, Pronocitro

id polbangtan, belgian blue, pronocitro

Welcome to Family, Pronocitro

Pronocitro, aapi anakan kedua Belgian Blue yang lahir di kampus Polbangtan YoMa Kabupaten Magelang (Polbangtan/Tantyanuar)

Magelang (ANTARA) - Anakan kedua sapi Belgian Blue telah lahir di kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) pada 21 Juli 2019.

Direktur Polbangtan YoMa Dr.Radjiman, SP, MP memberinya nama  Pronocitro.

Belgian Blue ini lahir dari hasil inseminasi buatan (IB) dan merupakan anak dari indukan FH. Pronocitro lahir melalui proses kelahiran normal, yang dibantu Tim Pengembangan BB yang diketuai Dr. drh. Supriyanto, MP. 

Belgian Blue kedua ini berjenis kelamin jantan dengan berat 40 kg, sama dengan kelahiran Roro Mendut pada November 2018.

Direktur Polbangtan YoMa memberi nama Pronocitro karena dalam sejarah, Pronocitro merupakan kekasih Roro Mendut. 

Kisah ini melegenda turun-temurun, menceritakan pasangan yang tak terpisahkan hingga akhir hayat mereka. Cerita yang mirip dengan kisah legenda Romeo dan Juliet di tanah Jawa.

Cerita Mendut-Pronocitro ini melegenda dan turun-temurun karena mereka masuk di pusaran hidup seorang panglima perang era Sultan Agung.

Belgian Blue adalah jenis sapi unggulan yang  berasal dari Belgia, untuk dikembangkan di indonesia melalui IB maupun TE. Welcome to Family, Pronocitro.

Sejauh ini Kementerian Pertanian telah menunjuk beberapa UPT sebagai tempat pengembangan, salah satunya adalah Polbangtan YoMa yang bekerja sama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipelang Bogor. *** (Polbangtan/Tantyanuar)
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar