FISIP Unsoed-Universiti Malaysia Sarawak kerja sama bidang publikasi ilmiah

id fisip unsoed

FISIP Unsoed-Universiti Malaysia Sarawak kerja sama bidang publikasi ilmiah

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed. (ANTARA/wuryanti puspitasari)

Purwokerto (ANTARA) - Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menyiapkan kerja sama dengan Universiti Malaysia Sarawak dalam bidang publikasi ilmiah.

"Kami memiliki rencana untuk menjalin kerja sama di bidang pengajaran dan penelitian bagi dosen dan mahasiswa di kedua pihak universitas serta bidang publikasi ilmiah dengan Universiti Malaysia Sarawak," kata Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Unsoed, Dr. S. Bekti Istiyanto, M.Si di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Dia menjelaskan, rencana kerja sama tersebut telah diawali dengan mendatangkan dosen senior Universiti Malaysia Sarawak Mohammad Sophian Nazaruddin, Ph.D sebagai narasumber dalam acara Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed.

"Ini merupakan permulaan, ke depan dosen-dosen jurusan ilmu komunikasi Unsoed juga akan diundang ke Universitas Malaysia Sarawak untuk menjalin kerjasama yang lebih intensif lagi, selain itu akan digagas juga kerjasama untuk mahasiswa dalam bentuk pertukaran mahasiswa, tidak untuk dosen saja," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya mendatangkan narasumber dari Universitas Malaysia Sarawak guna berbagi ilmu pengetahuan sesuai dengan tema yang telah dipilih.

Baca juga: Pengamat Unsoed ingatkan pentingnya sektor maritim dikembangkan

"FISIP Unsoed memang memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi dosen-dosen yang ada guna makin meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kepada mahasiswa," katanya.

Dia mengatakan, dosen merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran sehingga membutuhkan kompetensi yang memadai sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

"Belum lagi kebutuhan dunia kerja juga pada saat ini mengharuskan kompetensi keahlian, apabila dosennya tidak kompeten maka akan sangat berisiko dengan materi dan keahlian yang dituju dan dihasilkan oleh mahasiswa lulusan program studi," katanya.

Pihaknya berharap dengan terus berupaya meningkatkan kompetensi dosen dan mengintensifkan kerja sama dengan berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri maka akan makin meningkatkan layanan pendidikan di FISIP Unsoed.

"Apalagi pada era industri 4.0 ini kampus juga memiliki tantangan yang lebih banyak agar dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas," katanya.

Sementara itu, Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen Magister Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed yang berlangsung di Kampus FISIP Unsoed, Rabu,  dibuka oleh Wakil Dekan 1 FISIP Unsoed, Luthfi Makashin, Ph.D.

Hadir dalam acara workshop tersebut seluruh dosen Magister Ilmu Komunikasi Unsoed.

Baca juga: Ini alasan evaluasi strategi promosi wisata penting dilakuan

Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar