Jokowi kurban sapi jumbo, butuh puluhan orang untuk merobohkannya

id Jokowi kurban, sapi jumbo di Masjid Agung

Jokowi kurban sapi jumbo, butuh puluhan orang untuk merobohkannya

Hewan kurban sapi ukuran jumbo dari Presiden Joko Widodo saat menuju proses penyembelihan di halaman Masjid Agung Solo, Ahad (11/8/19). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo berkurban seekor sapi ukuran jumbo pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah di Masjid Agung Solo, Ahad.

Untuk merobohkan sapi bernama Bagong seberat 1,5 ton itu disebutkan membutuhkan tenaga puluhan orang.

Sapi jenis simental dari Presiden Jokowi itu diserahkan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo kepada Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muh Muhtarom, untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Muhtarom jumlah hewan kurban di Masjid Agung Solo, pada tahun ini, sebanyak 9 ekor sapi termasuk hewan kurban milik Presiden Jokowi, dan 20 ekor kambing.

Muhtarom mengatakan satu ekor sapi dari Presiden itu beratnya sekitar 1,5 ton dengan berat bersih dagingnya bisa sekitar 900 kg dan dapat dibuat 1.800 bungkus untuk dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi pesan sapi kurban jumbo dari Boyolali

Menurut dia, proses penyembelihan hewan kurban sapi dari Presiden memakan waktu sekitar satu jam. Tidak hanya itu, untuk merobohkan sapi bernama Bagong seberat 1,5 ton itu, juga membutuhkan tenaga puluhan orang.

Dia mengatakan Jokowi sejak masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, kemudian naik menjadi Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden selalu menitipkan hewan kurban sapi ke Masjid Agung Solo ini.

Namun, hewan kurban sapi milik Presiden Jokowi tahun ini paling besar dibandingkan Idul Adha tahun sebelumnya yang seberat 1 ton. Daging kurban itu dibagikan kepada warga kurang mampu di Solo.

Selain itu, hewan kurban sapi  yang dititipkan untuk disembelih di Masjid Agung, juga ada dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK), Puan Maharani. Puan Maharani, baru kali pertama ini, berkurban di Masjid Agung Solo.

Presiden Jokowi juga menitipkan hewan kurban satu sapi ke Masjid Al Wustho Mangkunegara Solo. Namun, hewan kurban sapi yang di Masjid Al Wustho, ukurannya lebih kecil dengan berat 1 ton.

Menurut peternak penggemukan sapi Lembu Suro Potronayan Boyolali Andi Saputro (30), Presiden Jokowi membeli dua ekor sapi untuk hewan kurban di Masjid Agung Solo, dan Al Wustho Mangkunegaran Solo.



 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar