Hasil sesi tes resmi di Brno, Quartararo pimpin dominasi Yamaha

id Fabio Quartararo,MotoGP di Sirkuit Brno

Hasil sesi tes resmi di Brno, Quartararo pimpin dominasi Yamaha

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjalani sesi latihan bebas GP Republik Ceko, Sirkuit Brno (3/8/2019) AFP/Michal Cizek

Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie sensasional Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) memimpin dominasi Yamaha di sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Senin waktu setempat.

Quartararo mencatatkan waktu tercepat satu menit 55,616 detik unggul 0,012 detik dari Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di tempat kedua.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) melengkapi peringkat tiga untuk pabrikan asal Iwata itu.

Viñales dan rekan satu timnya Valentino Rossi diberi mandat untuk menguji versi pertama purwarupa motor YZR-M1 yang akan digunakan di musim 2020.

Rossi turun pertama kali mengendarai motor yang didominasi warna hitam serat karbon itu lebih dulu sebelum Viñales akhirnya merasakan purwarupa motor musim depan itu.

Keduanya juga memiliki unit bangku yang diuji untuk motor 2019 mereka.

The Doctor melahap 63 lap dan memiliki waktu tercepat keenam sementara Viñales menempuh 74 putaran.

Di kubu tim satelit Yamaha, Quartararo menguji garpu karbon seperti yang digunakan oleh tim pabrikan. Sedangkan Morbidelli mampu memperbaiki catatan waktunya di akhir sesi untuk mencetak waktu tercepat ketiga dengan mengantongi total 78 putaran seperti yang dilakukan Quartararo.

Pebalap asal Italia itu menguji rem jempol yang telah ia gunakan dalam sejumlah kesempatan. Fokusnya kali ini adalah menemukan seting yang tepat.
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) menguji purwarupa motor YZR-M1 2020 di sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Brno, Republik Ceko, Senin. (MotoGP.com)


Baca juga:Tampil sempurna di Brno, ini komentar Marquez

Baca juga:Quartararo: aku hampir 100 persen

Di kubu Repsol Honda, Marc Marquez menguji tiga motor yang berbeda. Yang pertama adalah motor yang ia gunakan untuk membalap tanpa diperkuat serat karbon, kemudian versi kedua memiliki insert serat karbon kecil di dekat kepala kemudi dan yang ketiga memiliki insert serat karbon yang lebih kecil.

Juara dunia tujuh kali itu juga menjajal paket aerodinamika baru namun sebagian besar menguji motor standard. Marquez melahap 70 putaran dan finis ke delapan tercepat.

Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) juga diberi tiga motor untuk diuji; satu motor standar 2019, satu motor dengan sasis yang diperkuat karbon, dan satu motor dengan "komponen uji".

Namun pebalap asal Inggris itu lebih banyak menghabiskan waktu dengan paket standar 2019 dan finis P5.

Rekan satu timnya Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) fokus ke perbaikan setup, dan menguji ban Michelin di akhir sesi untuk menjajal grip samping.

Baca juga:Hasil GP Ceko, Marquez masih kokoh di puncak

Baca juga:Rossi akui paruh musim yang berat

Alex Rins (Suzuki Ecstar) melanjutkan menguji paket aerodinamika baru dan juga memiliki evolusi kecil dari sasis dan lengan ayun yang ia uji di Barcelona. Pebalap Spanyol itu melahap 69 lap dan finis keempat 0,221 detik lebih lambat dari pemuncak sesi.

Rekan satu tim, Joan Mir menyelesaikan 69 lap dan finis P7 ketika menggunakan paket aerodinamika untuk pertama kalinya sebelum terjatuh dan menabrak pembatas di Tikungan Satu, 45 menit jelang usai.

Di garasi Ducati, Andrea Dovizioso menguji lengan ayun baru dan menyelesaikan 48 putaran untuk finis ke-12. Kompatriot senegaranya Danilo Petrucci mengerjakan setup untuk memahami kenapa dia tak bisa tampil cepat di Brno.

Sementara Jack Miller (Pramac Racing) sebelumnya telah menguji sasis baru Ducati pekan lalu, namun pebalap Australia itu kini kembali menguji sasis yang ia gunakan di paruh pertama musim sepanjang tes hari itu.

Miller menguji suspensi belakang dan cukup puas dengan ban baru yang ia uji untuk Michelin.

Rekan satu tim, Francesco Bagnaia menambah jam terbang dengan motornya setelah menemukan setup baru di FP4 GP Ceko.

Juara dunia Moto2 itu menjadi pebalap Ducati tercepat hari itu di peringkat sembilan terpaut 0,632 detik dari waktu Quartararo.

Baca juga:GP Jerman singkap batasan Ducati

Baca juga:KTM boyong Brad Binder ke MotoGP

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro menyelesaikan 49 putaran saat KTM menguji hampir semua bagian, seting, elektronik, sasis, paket aerodinamika dan suspensi. Sedangkan Johann Zarco melahap putaran paling sedikit di antara pebalap lainnya yaitu 31.

Miguel Oliviera (Red Bull KTM Tech 3) mendapat kesempatan mencoba mesin spesifikasi pabrikan di Brno dan finis P15, 0,1 detik di belakang Espargaro.

Sementara pebalap Aprilia Racing Team Gresini Aleix Espargaro memiliki sasis yang diperkuat karbon untuk diuji di sesi pagi. Di sesi siang, pebalap asal Spanyol itu menguji lengan ayun baru.

Berikut ini 10 besar waktu terbaik tes Brno:

1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 1:55,616
2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,012
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,139
4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,221
5. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,324
6. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,399
7. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,548
8. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,621
9. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) + 0,632
10. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 0,729
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar