Tambah, empat calon haji Embarkasi Surakarta dilaporkan wafat

id Calhaj Embarkasi Surakarta,wafat bertambah menjadi empat

Tambah, empat calon haji Embarkasi Surakarta dilaporkan wafat

Sejumlah calon haji Embarkasi Surakarta saat keluar dari gedung Muzdalifah untuk persiapan berangkat ke Tanah Suci, di asrama haji Donohudan Boyolali, Jateng, Selasa. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Calon haji Embarkasi Surakarta, Jawa Tengah hingga pemberangkatan kelompok terbang 55 asal Kabupaten Brebes ke Tanah Suci, pada Selasa ini, dilaporkan bertambah menjadi empat orang.

Caloh haji yang meninggal dunia, Nasikin Sinwan Abdul Salam (63) warga Blangkonan RT 02/ RW 01 Kabupaten Magelang yang tergabung dalam kloter 40 dilaporkan telah wafat di Rumah Sakit Arab Saudi, pada Minggu (21/7), sekitar pukul 20.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo di Boyolali, Selasa mengatakan  calon haji asal Kabupaten Magelang yang wafat tersebut karena sakit gangguan pernafasan, dan jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum Baqi, Madinah Arab Saudi.

Tiga calon haji lainnya asal Embarkasi Surakarta yang wafat sebelumnya, yakni Sumiyatun Sowikromo Sutardjan (57) warga Dukuh Kulur, Desa Sitirejo RT 10 RW 02 Kabupaten Blora tergabung kloter 2 di Arab Saudi, pada Senin ( 8/7), sekitar pukul 04:07 WAS.

Baca juga: Calon haji wafat di pesawat

Sementara Mudjahid Damanhuri Mangun ( 74) warga Semenharjo RT 01 RW 05 Kabupaten Karanganyar tergabung kloter 4, meninggal dunia di dalam pesawat terbang saat perjalanan menuju Medinah, pada Selasa (9/7), sekitar pukul 4:09 WAS, dan Susanto Harjo Pranoto (65) warga Wonosari RT.06 RW 03 Kabupaten Pekalongan kloter 44, di asrama haji Embarkasi Surakarta, pada Sabtu (20/7), sekitar pukul 01:40 WIB.

"Jamaah yang wafat asal Embarkasi Surakarta hingga keberangkatan kloter 55 ini, menjadi empat orang, sedangkan yang sakit dan dirujuk baik di Rumah Sakit Umum Dr. Morwardi Solo maupun RS TNI AU ada tiga orang," katanya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi (PPIH) Surakarta pada Selasa, dijadwalkan telah memberangkatkan calhaj sebanyak empat kloter yakni 53 asal Kabupaten Brebes, 54 juga asal Brebes, 55 asal Brebes, dan 56 gabungan Brebes, dan Blora Jateng.

Jamaah calon haji kloter 53 asal Brebes sebanyak 358 orang telah diberangkatkan ke Tanah Suci pada Senin (22/7) pukul 23.52 WIB atau lebih cepat dari jadwalnya, Selasa, pukul 00.30 WIB. Kloter 54 kemudian menyusul pada pukul 04.13 WIB atau lebih cepat 27 menit dari jadwal semula pukul 04.40 WIB, dan kloter 55 diterbangkan pada pukul 11.00 WIB dengan jumlah sebanyak 356 orang.

"PPIH dengan diterbangkan jamaah calon haji kloter 55 asal Brebes, sehingga total jamaah yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci, sebanyak 19.706 orang dari total 34.940 orang pada penyelenggaraan tahun ini," katanya.

Jamaah calon haji  kloter 56 gabungan asal Brebes dan Blora rencana diterbangkan ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 19.30 WIB.

Selain itu, PPIH Embarkasi Surakarta juga telah kedatangan calhaj sebanyak tiga kloter yang masuk asrama haji Donohudan Boyolali. Tiga kloter itu, yakni 57 asal Kabupaten Rembang, 58 juga asal Rembang, dan 59 asal Pati Jateng. Ketiga kloter akan diterbangkan ke Tanah Suci pada Rabu (24/7).


Baca juga: 65 persen calon haji Pekalongan berisiko tinggi kesehatan

 
Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar