Stimulan Rp100 juta untuk desa wisata

id dorong desa wisata

Stimulan Rp100 juta untuk desa wisata

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri "Doa Bersama Merawat Toleransi demi NKRI" di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Sabtu (20/7). (ANTARA/Heru Suyitno)

Mulai tahun depan kalau ada desa wisata akan saya berikan Rp100 juta, nanti desa wisata kami nilai yang bagus saya kasih Rp1 miliar
Temanggung (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pembentukan desa wisata di masing-masing daerah yang bisa mendatangkan wisatawan dengan bantuan stimulan Rp100 juta.

"Saya mendorong desa-desa mempunyai desa wisata," kata dia usai menghadiri "Doa Bersama Merawat Toleransi demi NKRI" di Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Sabtu.

Untuk menumbuhkan desa wisata di berbagai daerah di provinsi tersebut, pihaknya akan memberikan bantuan stimulasi Rp100 juta untuk setiap desa wisata.

"Mulai tahun depan kalau ada desa wisata akan saya berikan Rp100 juta, nanti desa wisata kami nilai yang bagus saya kasih Rp1 miliar," kata dia.

Baca juga: Gelar Desa Wisata Jateng 2019 diselenggarakan di Semarang

Ia menuturkan kalau suatu desa wisata sudah disiapkan dengan baik, mulai tahun depan akan dibantu untuk kepentingan pengembangannya dengan dirangsang dana Rp100 juta.

Ia mengatakan kalau nanti desa wisata tersebut mulai membaik dan makin tertata bisa dibantu dengan dana Rp1 miliar.

Ia menyebutkan kriteria desa wisata yang baik ada bermacam-macam, yakni menyangkut pengelolaan yang bagus, kelembagaan yang kuat bagus, dan ada atraksi, serta tamu yang cukup banyak.

"Dengan stimulan tersebut diharapkan ada kemauan untuk mengelola dengan baik. Nanti ada tim yang menilai," kata dia.

Baca juga: Penguatan destinasi, kelembagan, dan promosi pariwisata Temanggung harus seiring
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar