45 anggota kelompok bersenjata penganiaya Satgas Karhutla ditahan

id Kelompok SMB ditahan di Mako Brimob Jambi

45 anggota kelompok bersenjata penganiaya Satgas Karhutla ditahan

Kades Sengkati Baru, Kabupaten Batanghari, Herdianto saat menunjukkan bekas luka yang akibat dianiayaan oleh kelompok SMB.(Antara.jambi/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 45 anggota dari kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) yang melakukan tindak pidana pengadangan, pengrusakan, dan penganiayaan terhadap Tim Satgas Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Jambi saat memadamkan api di lahan hutan yang terbakar beberapa hari lalu, ditahan di sel rutan Mako Brimob Polda Jambi.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, di Jambi, Jumat, 45 anggota kelompok SBM dari kawasan Distrik VIII Kabupaten Batanghari, Jambi, ditangkap oleh Tim Gabungan TNI-Polri. Mereka kini ditahan sementara di sel Rutan Mako Brimob Polda Jambi di kawasan Kebun Bohok, Kabupaten Muarojambi.

Ke-45 orang anggota kelompok SMB tiba di Mako Brimob dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI sekitar pukul 02.00 WIB.

Dari penangkapan tersebut tim gabungan berhasil mengamankan barang bukti berupa 10 pucuk senjata api rakitan jenis kecepek, tiga bambu runcing, 49 senjata tajam, 47 pisau sangkur, empat peluru tajam, dua unit HT, satu laptop, dua sepeda motor, dan satu baju kaus TNI.


Baca juga: Tersangka Karhutla Riau Bertambah jadi 95 Orang

Berikut nama-nama anggota kelompok SBM yang diamankan tim gabungan tersebut adalah di antaranya, Muslim sebagai ketua SMB, Sum, Rirski, Sardi, Agusnadi, Adi, Munir, Ruben, Sukiyo, Danres, Jupri, Wiwin, Juki, Sopian, Rian, Kewat, Sarno, Ninting. Selanjurnya, Samludin, Betilas, Bangun, Sodirin, Payunda, Darjo, Maun, Yanto, Rusdi, Eko, Misdi, Sukur,Faujan Sapurta, Misbah Ilham Robani,, Tomi Sarial Arifin, Dini Oktaria, Ngadimin, Johanes, Suratno, Batila, Bujang Putih, Irpan dan Rohali.

Tim gabungan TNI-Polri pada Kamis (18/7) telah mengamankan 45 pelaku yang terlibat kasus penganiayaan kepada Tim Satgas Karhutla Jambi serta pengrusakan perumahan dan kantor milik PT WKS.

Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH beserta pejabat Korem 042/Gapu dan Pejabat Utama Polda Jambi serta Jajaran Polres Tebo terjun langsung dalam pengamanan para pelaku ini.

Tim gabungan TNI - Polri berhasil mengamankan 45 pelaku penganiayaan dan perusakan yang terdiri dari sebanyak 41 orang laki-laki dewasa, empat wanita, dan sejumlah barang bukti lainnya. Untuk sementara para pelaku diamankan ke Jambi dan nanti akan diselidiki peran serta dari mereka dalam menjalankan aksi tersebut.

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar