Anggaran perbaikan jalan Canden-Tanjungsari Rp7,4 miliar

id Pemkab Boyolali, perbaikan jalan, Canden Tanjungsari

Anggaran perbaikan jalan Canden-Tanjungsari Rp7,4 miliar

Sejumlah pekerja proyek saat melakukan perbaikan jalan dengan cor beton di ruas Canden-Tanjungsari di Kabupaten Boyolali, Kamis (18-7-2019). (Foto: Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali mulai melaksanakan perbaikan jalan rusak di jalur Canden Kecamatan Sambi hingga Tanjungsari, Ngemplak atau sekitar 5,3 kilometer dengan nilai anggaran sebesar Rp7,4 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan petanaan ruang (DPU PR) Boyolali Budi Wahyono di Boyolali, Kamis, mengatakan bahwa peningkatan ruas jalan Canden-Tanjungsari sepanjang 5,3 kilometer tersebut paling panjang daripada peningkatan ruas jalan lain di Boyolali.

Budi Wahyono mengatakan bahwa pelaksanaan peningkatan jalan tersebut sudah bersajalan sepekan ini. Hal itu, mengingat kerusakan jalan sudah hampir merata.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan peningkatan juga dilanjutkan ke ruas jalan Bangak-Simo, tetapi hanya diambil pada titik-titik yang rusak parah saja. kalau di total panjang perbaikan jalan ini, sepanjang sekitar 2,5 kilometer.

Menurut dia, selain kedua ruas tersebut, di jalan Ketitang-Donohudan dan Simo-Papringan juga dilakukan perbaikan. Dilanjutkan ruas Kacamatan-Kedungrejo dan Jrebeng-Rapaking sudah dimulai perbaikannya.

"Pada tahun ini total jalan yang diperbaiki mencapai 70 km yang tersebar di Boyolali," katanya.

Sejumlan warga di Desa Ngargorejo Ngemplak Boyolali menyambut baik dengan pelaksanaan pembangunan jalan yang rusak di ruas Canden-Tanjungsari. Karena, warga sekitar menyatakan sudah menunggu lama ada perbaikan jalan di jalur itu.

Menurut Bejoyono (56) warga Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak Boyolali warga sudah hampir dua tahun menunggu pemerintah daerah memperbaikan jalan rusak jalur Canden-Tanjungsari.

"Pengguna jalan banyak yang mengeluh saat melintas di jalan yang penuh lubang ini. Awalnya lubang hanya kecil-kecil, tetapi lambat laun, menjadi besar dan panjang," katanya.

Bahkan, kata dia, banyak penggendara sepeda motor terjatuh karena berusaha menghindari lubang jalan yang cukup dalam. Mereka harus berhati-hati saat melintas jalan agar tak terperosok kedalam lubang.

Namun, Pemkab Boyolali sekarang sudah melaksanakan perbaikan jalan sehingga pengendara yang melintas terasa nyaman dan aman.

Darmo (30) salah satu mandor proyek mengatakan para pekerja sudah mulai melakukan perbaikan jalan. Begitu juga dengan jembatan kecil yang menjadi saluran air juga dilakukan perbaikan.

Disebutkan pula ada tiga jembatan kecil yang ambrol sepanjang jalur Canden-Tanjungsari yang diperbaiki dengan kontruksi batu rai agar kuat.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar