CIMB Niaga dan Liquid Group pelopori QRIS untuk transaksi lintas negara

id cimb niaga,liquid group,qris,transaksi,lintas negara,semarang

CIMB Niaga dan Liquid Group pelopori QRIS untuk transaksi lintas negara

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan. CIMB Niaga menjadi bank pertama di Indonesia yang diberikan kesempatan BI melakukan uji coba pembayaran QRIS lintas negara. (Foto: Humas CIMB Niaga)

Semarang (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan Liquid Group memelopori penerimaan pembayaran Quick Response (QR) lintas negara (cross-border) antara Indonesia dan Singapura dalam uji coba Quick Response Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi pembayaran lintas negara.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menjelaskan CIMB Niaga merupakan bank pertama di Indonesia yang diberikan kesempatan oleh BI untuk melakukan uji coba pembayaran QRIS lintas negara.

Uji coba QRIS telah dilaksanakan pada 23 Mei dan 23 Juni 2019 menggunakan produk digital banking CIMB Niaga "Go Mobile" di sejumlah merchant yang berada di Terminal 3, Bandara Changi Singapura. 

Melalui layanan yang rencananya diluncurkan pada kuartal III tahun 2019, CIMB Niaga dan Liquid Group dapat memfasilitasi penerimaan pembayaran dari aplikasi Go Mobile atau aplikasi dompet digital (e-wallet) lainnya yang telah memenuhi persyaratan QRIS di Bandara Changi Singapura. 

"Kami meyakini inisiatif ini dapat memberikan keuntungan serta kemudahan bagi nasabah saat traveling ke luar negeri, dimulai dari Bandara Changi Singapura dengan menggunakan aplikasi Go Mobile. Layanan ini sekaligus menjadi solusi karena tidak semua nasabah yang bepergian ke luar negeri memiliki kartu kredit atau membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kami melihat layanan pembayaran melalui QRIS lintas negara memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan seiring banyaknya masyarakat yang bepergian ke luar negeri," katanya.

Lani menjelaskan dengan menggunakan aplikasi Go Mobile, nasabah dapat menikmati nilai tukar yang menarik dan kompetitif, serta dapat memilih alternatif sumber dana untuk transaksi QRIS yang tersedia pada Go Mobile, yaitu dari rekening tabungan, Rekening Ponsel atau kartu kredit

Chief Executive Officer Liquid Group Jeremy Tan menambahkan bahwa pihaknya akan mempercepat implementasi pembayaran QR lintas negara yang juga menjadi misi utama Liquid Group.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan CIMB Niaga karena telah menggunakan platform pembayaran serta infrastruktur pemasaran terintegrasi Liquid Group di Bandara Changi Singapura dalam uji coba QRIS. Sebelumnya kami telah membuka koridor Singapura–Hong Kong untuk pembayaran QR pada bulan lalu dan kini kami dapat menawarkan kemudahan dan manfaat pembayaran QR lintas negara bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang singgah di Bandara Changi Singapura. Kami berharap dapat memperluas penerimaan aplikasi pembayaran QR dan dompet digital, baik yang berasal dari Singapura maupun Indonesia pada platform pembayaran lintas negara kami," katanya.

Group Senior Vice President of Airside Concessions Changi Airport Group Teo Chew Hoon mengaku akan terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja para penumpang dan memberikan kemudahan dalam hal pembayaran. 

Kolaborasi dengan Liquid Group dan CIMB Niaga menjadikan Bandara Changi Singapura sebagai tujuan ritel pertama yang menjadi pelopor penerimaan pembayaran QR lintas negara menggunakan infrastruktur pembayaran QR terintegrasi yang pertama dari Liquid Group.
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar