Kendaraan arus balik melintas Tol Colomadu menurun

id Kendaraan arus balik,melintas tol Colomadu menurun,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebar

Kendaraan arus balik melintas Tol Colomadu  menurun

Sejumlah kendaraan arus balik saat memasuki gerbang Tol Colomadu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Minggu petang. (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Karanganyar (ANTARA) - Volume kendaraan arus balik yang melintas di gerbang masuk Tol Colomadu Kabupaten Karanganyar hingga Minggu petang atau "H+3" Lebaran Idul Fitri 2019 terlihat masih padat, tetapi mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya.

Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar AKP Faris Budiman, kondisi kendaraan arus balik yang melintas gerbang pintu masuk Tol Colomadu Karanganyar yang mengarah ke Semarang atau Jakarta terpantau mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya.

"Kami sesuai prediksi puncak harus balik kendaraan yang melintas pintu masuk Tol Colomadu, pada Sabtu (8/6), siang hingga malam hari," kata Faris saat melakukan pemantauan di Pospam Terpadu Gerbang Tol Colomadu Karanganyar.

Dia mengatakan jumlah kendaraan yang melintas masuk melalui gerbang Tol Colomadu, Minggu ini, terhitung mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, mencapai 6.000 kendaraan.

Namun, kata dia, jika dibanding jumlah kendaraan melintas pada hari sebelumnya atau "H+2" Lebaran mencapai 19.000 kendaraan dengan periode waktu yang sama.

Menurut dia arus lalu lintas memang masih cukup padat, tetapi lancar. Namun, hal ini, tidak sepadat pada Sabtu (8/6). Kendaraan dari arah Solo dan Yogyakarta masih banyak yang melintas melalui gerbang tol ini.

"Kami memantau arus balik sampai Minggu malam ini, makin berkurang dibanding pagi hari," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, juga sudah diperlakukan sistim "one way" mulai dari Ungaran hingga Kalikangkung, dan kemudian dilanjutkan lagi sampai Cikampek ke Jakarta. Hal ini, untuk mempelancar arus lalu lintas di jalan tol sehingga tidak terjadi kepadatan.

Dia mengatakan jalan alteri dari Solo yang mengarah Karanganyar memang terjadi kepadatan terutama jalur menuju ke tempat-tempat wisata. Masyarakat yang berlibur di Karanganyar memanfaatkan waktunya untuk mengunjungi sejumlah objek wisata seperti Tawangmangu.

"Jalur wisata pagi hingga siang memang padat, tetapi menjelang malam sudah kembali normal," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau para pemudik yang kini kembali ke Jakarta untuk tetap berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya. Pengemudi jika merasa lelah jangan dipaksakan, dan bisa istirahat di banyak area istirahat yang disediakan oleh Pemerintah.

"Karena, dari hasil pantauan banyak kendaraan mengalami kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan tol karena pengemudi mengantuk," katanya.

Selain itu, kondisi kendaraan dapat diperiksa kembali sebelum berangkat kembali ke Jakarta. Dan, jangan sampai ada sesuatu di jalan, banyak juga kecelakaan terjadi akibat becah ban atau ada gangguan mesin atau rim kendaraan tidak normal.

Berdasarkan hasil pantauan di Pospam Terpadu Gerbang Tol Colomadu, menyebutkan, sejumlah kendaraan arus balik dari arah Solo atau Yogyakarta masih terlihat cukup padat terutama di rambu lampu merah masuk tol sering terjadi antrean panjang.

Sejumlah petugas jaga di Pospam Terpadu Colomadu terus melakukan imbauan dan mengantur lalu lintas terutama dari arah Solo dan Yogyakarta masuk ke pintu gerbang tol, sehingga arus tetap lancar.
Pewarta :
Editor: Heru Suyitno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar