Menteri BUMN meresmikan 10 SPBU tol Batang-Semarang

id Menteri BUMN, SPBU,tol batang Semarang

Menteri BUMN meresmikan 10 SPBU tol Batang-Semarang

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno mersemikan 10 SPBU di Jateng, Jabar, dan Jatim yang dipusatkan di rest area KM.379 A tol Batang-Semarang. (Foto: Kutnadi)

Batang (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno meresmikan 10 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tol Trans Jawa milik PT Pertamina di rest area KM 379 Gringsing, Batang-Semarang, Kamis malam.

Rini mengatakan sesuai arahan Presiden Jokowi, keberadaan SPBU di rest area memang dipercepat agar pemudik bisa terlayani dengan baik.

"Alhamdulilah 10 SPBU di Trans Jawa sudah full operasional yang dilengkapi dengan tambahan tangki BBM agar masyarakat tidak kesulitan dalam perjalanan mereka untuk mudik," katanya di Batang, Jawa Tengah, Kamis malam.

Menteri BUMN mengatakan jumlah SPBU di sepanjang tol Trans Jawa sebanyak 17 unit yang akan di selesaikan, sedang di tol Trans Sumatra sebanyak 11.unit.

Adapun 10 SPBU yang sudah dioperasikan antara lain tiga unit di tol Candiareng, KM 360 Subah, dan KM 379 A Gringsing, Kabupaten Batang.

Peresmian SPBU di KM 379 A yang semula dijadwalkan sekitar pukul 15.30 WIB, pelaksanaannya mundur karena Menteri BUMN terlambat hadir di lokasi akibat rombongan menteri terjebak kemacetan di Brebes.

Ia mengatakan pemudik yang menggunakan jalan tol ternyata sudah cukup padat sehingga dirinya bersama rombongan yang semula menggunakan mobil harus beralih menumpang kereta api dari Brebes menuju Stasiun Kota Pekalongan, kemudian beralih lagi menggunakan mobil menuju KM 379 A.

Direktur Pemasaran dan Retail PT Pertamina Masud Hamid mengatakan pada Lebaran tahun ini Pertamina MOR IV berinovasi pada fasilitas pengisian BBM di kios.

"Jika pada tahun sebelumnya kios Pertamina didominasi dengan penjualan BBM manual dan kemasan namun saat telah menggunakan SPBU nonpermanen yaitu modular dan modular kompak yang dilengkapi dengan tangki dan dispenser sehingga mempersingkat waktu pengisian BBM di rest area," katanya.

Ia mengatakan Pertamina telah membentuk satuan tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri.

Bahkan pada H-7 Lebaran hingga H+7 Lebara 2019, kata dia, supply point atau TBBM di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta akan beroperasi selama 24 Jam sebagai antisipasi padatnya arus mudik Lebaran yang bisa menyebabkan kemacetan.

"Beberapa SPBU yang berada di beberapa lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

Kami mengimbau masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar