1.222 angkutan Lebaran disiapkan Dishub Kota Magelang

id dishub kota magelang,angkutan lebaran

1.222 angkutan Lebaran disiapkan Dishub Kota Magelang

Ilustrasi - Dua petugas Dishub Kota Magelang memantau dari layar monitor kondisi arus lalu lintas di sejumlah tempat di daerah itu. (ANTARA/Humas Pemkot Magelang)

Magelang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Magelang menyiapkan 1.222 armada angkutan umum berbagai jenis untuk melayani masyarakat pada masa Lebaran 2019.

"Kami sudah lakukan pengecekan kendaraan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan sebagian besar telah memenuhi standar operasional," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Magelang, Suryantoro di Magelang, Senin.

Berbagai angkutan umum, terutama untuk melayani masyarakat selama Lebaran mendatang terdiri atas 265 bus AKAP, 413 bus AKAP, 335 angkutan kota, 173 angkutan perbatasan, dan 36 taksi.

Dikatakan, bahwa Kota Magelang menjadi salah satu tujuan layanan bus mudik Lebaran secara gratis yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Para perantau di Jakarta yang berasal kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu dan daerah sekitarnya bisa memanfaatkan fasilitas mudik gratis tersebut.

Ia menyebutkan dua bus mudik Lebaran gratis yang masing-masing berkapasitas sekitar 50 orang akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menuju Kota Magelang pada 1 Juni 2019.

"Perantau asal Kota Magelang dan sekitarnya bisa memanfaatkan fasilitas ini, tidak dipungut biaya," katanya dalam keterangan tertulis Humas Pemerintah Kota Magelang.

Ia menyebutkan fasilitas itu secara rutin diselenggarakan Kemenhub setiap tahun.

Namun, kata dia, Kemenhub baru menfasilitasi armada untuk mudik, sedangkan untuk arus balik sejauh ini belum ada.

Pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana lalu lintas di Kota Magelang dalam menghadapi Lebaran 2019, antara lain Area Traffic Control System (ATCS) delapan titik dipusatkan di Kantor Dishub Kota Magelang, "pelican crossing" di alun-alun, Jalan Tidar, Akmil, dan SMAN 4 Kota Magelang.

Selain itu, Variable Message Sign (VMS) di simpang Kebonpolo dan Jalan Gatot Subroto, dan 21 titik halte dilengkapi dengan papan trayek.

Terkait dengan kesiapan perlengkapan jalan pada arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, ribuan rambu telah disiapkan, antara lain rambu lalu lintas 810 buah, Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) 26 buah, guardrail 160 meter, Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) 18 unit, cermin tikung 170 buah, paku marka 275 buah, papan jalan nama 90 buah, RPPJ portabel 11 buah, dan water barrier 15 buah.

"Kondisi perlengkapan jalan semua dalam keadaan baik," katanya.

Selain itu, kata dia, posko angkutan Lebaran tersebar di lima titik, yakni simpang Hotel Trio, Kebonpolo, alun-alun, Terminal Tidar, dan simpang kawasan "shopping" Kota Magelang.

Ia mengatakan posko Lebaran tersebut beroperasi mulai 29 Mei-15 Juni 2019. (hms)
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar