Arus mudik-balik Lebaran, PMI Banjarnegara siagakan 70 relawan

id pmi Banjarnegara,ramadhan 1440 H,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ramadhan

Arus mudik-balik Lebaran, PMI Banjarnegara siagakan 70 relawan

PMI Banjarnegara melatih relawan. (ANTARA/PMI Banjarnegara)

Banjarnegara (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan menyiagakan sekitar 70 relawan selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"Kami akan menyiagakan 70 relawan yang dibekali dengan keterampilan pertolongan pertama. Para relawan tersebut akan bertugas di Pos Pam Lebaran mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran," kata Kepala Markas PMI Banjarnegara Edi Purwanto di Banjarnegara, Minggu.

Dia mengatakan para relawan yang akan bertugas tersebut sebelumnya telah mendapatkan pelatihan, mulai dari materi pertolongan pertama hingga proses kedaruratan medis.

Pihaknya, tambah dia, telah melaksanakan pelatihan bagi para relawan terkait dengan berbagai upaya pertolongan pertama tersebut.

"Kami juga membekali para relawan tersebut dengan beberapa keterampilan lain, seperti spesialisasi ambulans, penanganan cedera, penanganan luka, kedaruratan medis, hingga proses rujuk pasien," katanya.

Pihaknya berharap, dengan pemberian berbagai materi tersebut, para relawan akan dapat bertindak cepat, tepat, dan profesional saat bertugas dan menghadapi berbagai macam kasus di lapangan selama musim arus mudik dan balik Lebaran.

Ketua PMI Banjarnegara Setiawan menambahkan profesionalitas relawan dalam menjalankan tugas di lapangan merupakan hal yang paling dasar dan paling utama.

"Profesionalitas merupakan hal yang sangat penting agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan berjalan maksimal dan PMI akan makin dicintai oleh masyarakat," katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa materi mengenai pertolongan pertama merupakan ilmu dasar yang harus dimiliki seluruh relawan PMI.

"Dengan demikian ilmu mengenai pertolongan pertama tersebut diharapkan akan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah atau di lingkungan sekitar," katanya.
 

Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar