Mahasiswa Polbangtan YoMa tetap sambangi kandang pada libur akhir pekan

id Polbangtan, YoMa, itik, kandang

Mahasiswa Polbangtan YoMa tetap sambangi kandang pada libur akhir pekan

Mahasiswa merawat kandang itik di kampus Polbangtan YoMa Magelang (Foto: Polbangtanyoma/tantyanuar)

Magelang (ANTARA) - Sebagai salah satu pendidikan vokasi, Polbangtan YoMa merupakan instansi di bawah Kementerian Pertanian yang telah bertransformasi dari STPP Magelang pada 2018.

Sejak Tahun Ajaran 2018/2019, Polbangtan YoMa resmi membuka 6 program studi. Kampus terbagi di 2 wilayah, yaitu Jurusan Peternakan bertempat di Magelang dengan 3 prodi dan Jurusan Pertanian bertempat di Yogyakarta dengan 3 prodi juga.
Semua prodi tersebut menarik minat masyarakat untuk mendaftar di 2 jurusan tersebut.

Prodi Teknologi Produksi Ternak juga menjadi salah satu yg banyak diminati.
Mahasisw yang tahun ini menginjak semester kedua pun tak kalah semangatnya.
Sabtu (11/5) mahasiswa melakukan sanitasi kandang Itik MA (Mojosari Alabio) yang sedang dibudidayakan di kampus Magelang. Itik MA ini hibah dari Balitnak Bogor beberapa waktu yg lalu.

"Sebanyak 700 ekor DOD hasil crossing induk terseleksi Mojosari dengan Alabio telah sampai di Kampus Magelang pada awal Mei lalu untuk dibudidayakan di sini. Selain sebagai media pembelajaran, juga sebagai tindak lanjut kerja sama Polbangtan YoMa dengan Balitnak Bogor. Kami menyambut baik untuk pemeliharaan Itik unggul ini, agar mahasiswa juga dapat banyak belajar membudidayakan itik yang khusus untuk dibudidayakan sebagai itik telur konsumsi," jelas Nur Prabewi, S.Pt, MP selaku dosen Produksi Ternak Unggas dan Aneka Ternak.

Walaupun libur, mahasiswa tetap bersemangat dalam kegiatan sanitasi kandang dan seleksi DOD yg kurang standar pertumbuhannya, dan culling DOD yang pertumbuhannya di bawah normal sesuai dengan umurnya.

Puasa tak menghalangi mahasiswa Polbangtan YoMa bersemangat dalam belajar, denggan diterapkannya 70 persen ptaktik dan 30 persen teori, mampu membuat mahasiswa lebih mandiri tanpa harus diminta untuk ke kandang ternak untuk melakukan pengecekan. (PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar