PSSI gelar Kongres Luar Biasa pada 13 Juli

id PSSI,putuskan gelar Kongres Luar Biasa pada 13 Juli

PSSI gelar Kongres Luar Biasa pada 13 Juli

Logo PSSI (Antara)

Jakarta (ANTARA) - Setelah menggelar rapat komite eksekutif di kantornya di Jakarta, Kamis (2/5), Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk menggelar kongres luar biasa (KLB) pada 13 Juli 2019 dengan tiga agenda utama.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis, ketiga agenda tersebut adalah revisi statuta PSSI, revisi kode pemilihan PSSI serta memilih anggota baru untuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan.

"Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya nomor SG/nak/Ini tanggal 24 April 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA. PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya," kata Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

FIFA menyarankan dalam suratnya bahwa Kongres Biasa pada Januari 2020, akan menjadi Kongres Biasa Pemilihan untuk memilih 15 Komite Eksekutif PSSI yang terdiri dari ketua umum dan dua wakil ketua umum, serta 12 anggota. Komite Eksekutif baru yang terpilih akan bekerja untuk empat tahun periode sampai tahun 2024.

"Sesuai komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai waktu yang ditetapkan, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari pengembangan pelatih dan pemain melalui Filanesia dan pengembangan wasit. Apalagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19. Karena itu, Kongres Biasa Pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020," kata Iwan.

Iwan melanjutkan, saat ini FIFA terus mengulas dan memberikan catatan dalam revisi statuta dan kode pemilihan. Hasil ulasan tersebut akan dikirimkan pada 12 Mei 2019.

Kemudian, tanggapan dari PSSI selambat-lambatnya diberikan pada 30 Mei 2019.

"Lalu finalisasi bersama akan dilakukan pada 6 Juni 2019," tutur Iwan.

Dia melanjutkan, dokumen konsep revisi statuta dan 'draft' kode pemilihan PSSI akan dilampirkan dalam notifikasi dan undangan KLB yang akan disirkuler atau dikirimkan ke semua anggota satu bulan sebelum KLB yaitu 12 Juni 2019.

Pemilihan KLB tidak hanya terkait proses revisi statuta PSSI dan kode pemilihan PSSI, tetapi juga untuk menghormati Hari Raya Idul Fitri yang jatuh di tanggal 6 dan 7 Juni 2019.

Sementara untuk nominasi nama-nama calon Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan akan diputuskan dalam Rapat Komite Eksekutif PSSI berikutnya. 

Baca juga: PSSI: perubahan nama klub disahkan di kongres 2020

Baca juga: Asprov PSSI Sumbar dukung langkah Exco gelar KLB


 

Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar