Hardiknas momentum tingkatkan pendidikan karakter

id hardiknas

Hardiknas momentum tingkatkan pendidikan karakter

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman, Bambang Widodo (ANTARA/wuryanti puspitasari)

Purwokerto (ANTARA) - Akademisi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Bambang Widodo, menyatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) perlu menjadi momentum untuk terus meningkatkan pendidikan karakter bagi para peserta didik.

"Pendidikan karakter perlu dikuatkan agar mencetak generasi yang memiliki budi pekerti dan pribadi yang luhur," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Bambang Widodo yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed tersebut mengatakan untuk memperkuat pendidikan karakter, para guru memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai pengajar dan sebagai pendidik.

"Sebagai pengajar, guru harus mampu mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan agar murid menjadi cerdas serta terampil berkarya. Dengan peran pengajar ini guru bisa membentuk pribadi murid menjadi murid yang intelek," katanya.

Sementara sebagai pendidik, kata dia, guru harus bisa menanamkan pendidikan budi pekerti, sopan santun dan etika dengan pendekatan nilai agama dan nilai-nilai sosial setempat.

"Misalnya murid yang belajar di kultur Jawa maka pendekatannya harus mengambil nilai-nilai kultur Jawa. Dengan demikian maka akan terbentuk perilaku murid yang sopan, tahu unggah-ungguh dan beradab sekaligus menjadi murid yang berkarakter Indonesia yang majemuk," katanya.

Dengan demikian, kata dia, akan dapat mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas namun terap berkarakter dan berbudi pekerti luhur.

Kendati demikian, kata dia, untuk mewujudkan hal itu, maka memerlukan peran seluruh pihak terkait, bukan hanya menjadi tugas guru semata.
"Tentu memerlukan peran serta dari berbagai pihak, khususnya dari orang tua. Pasalnya, keluarga merupakan wahana pertama dan utama dalam pendidikan karakter," katanya.
Untuk itu, perlu adanya sinergi antara sekolah, keluarga, dan termasuk juga masyarakat.

"Penanaman nilai-nilai karakter sejak dini, akan berdampak positif pada tumbuh kembang para peserta didik dan untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan peran serta semua pihak," katanya.
 

Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar